Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sariguna Primatirta Tbk, (CLEO) berhasil mencatatkan pertumbuhan sepanjang tahun 2021. CLEO mencatatkan kenaikan laba tahun berjalan menjadi Rp 180 miliar atau meningkat 36,1% dibandingkan pada periode yang sama pada tahun 2020 sebesar Rp 132 miliar.
Kenaikan ini didorong oleh performa CLEO yang terus menjaga kualitas produk dan meningkatkan penyebaran produk agar dapat memenuhi kebutuhan air minum di Indonesia. Salah satu aksi yang dilakukan Perseroan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan membuka pabrik-pabrik baru di luar wilayah Jawa.
Melisa Patricia, Wakil Direktur Utama CLEO menjelaskan pihaknya bersyukur bahwa dibalik kondisi yang serba dibatasi karena adanya Covid-19, masih ada harapan baik bagi industri AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) seperti CLEO dimana berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 1,1 triliun atau tumbuh 13,5% dibandingkan tahun sebelumnya.
"Peningkatan ini tidak terlepas dari upaya perseroan yang mampu mempertahankan kepercayaan pelanggannya terhadap produk-produk yang diberikan sehingga membuat permintaan produk-produk CLEO terus meningkat," tuturnya, Selasa (29/3).
Baca Juga: Metrodata Electronics (MTDL) Cetak Pendapatan Rp 18,5 Triliun di Sepanjang 2021
"Untuk dapat terus memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Indonesia, kami terus melakukan ekspansi dengan gencar membuka pabrik di luar wilayah Jawa yang bertujuan agar dapat memperluas jangkauan distribusi produk-produk kami," paparnya.
Selain memperluas jangkauan distribusi, pembukaan pabrik ini juga menjadi upaya perseroan dalam melakukan penghematan biaya pengiriman. Adapun wilayah tersebut, yaitu wilayah Sumatera dan Kalimantan dimana biaya pengiriman ke wilayah tersebut cenderung tinggi.
Selain itu, Perseroan juga melihat bahwa wilayah tersebut memiliki letak strategis sehingga dalam proses distribusi dapat dilakukan lebih cepat dan tepat sasaran serta Perseroan juga berharap dengan ekspansi ini masyarakat Indonesia dapat menjangkau berbagai produk CLEO dengan mudah.
Di sisi lain, CLEO juga terus berupaya mengembangkan bisnisnya dengan terus mencari peluang dan terus berusaha mengembangkan produk dengan berbagai inovasi lainnya.
“Ke depan perseroan diharapkan dengan kondisi perekonomian Indonesia yang kembali pulih dan tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan yang tinggi, dapat menjadi peluang besar bagi bisnis CLEO. Maka dengan peluang tersebut, CLEO optimis dapat mempertahankan kinerja baik hingga akhir tahun ini,” tutup Melisa.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News