Kuota data internet gratis tahun ini lebih kecil, tapi bisa akses banyak situs

Selasa, 02 Maret 2021 | 06:30 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Kuota data internet gratis tahun ini lebih kecil, tapi bisa akses banyak situs

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melanjutkan program bantuan kuota data internet gratis bagi peserta didik dan pendidik. Namun, besaran kuota data internet gratis pada tahun 2021 akan dikurangi.

Hanya saja, penggunaannya lebih fleksibel atau bisa digunakan mengakses laman internet secara umum.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil evaluasi kebijakan tersebut yang diterapkan pada tahun 2021. Salah satu masukan penting dalam penerapan kuota belajar gratis di tahun 2020 adalah terbatasnya akses untuk situs pembelajaran lain.

"Tahun 2021, kami akan memberikan kuota dengan gigabyte (GB) yang lebih kecil dari sebelumnya, tapi kuota ini adalah kuota umum," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam konferensi pers, Senin (1/3).

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim putuskan kuota data internet gratis dilanjutkan

Nantinya kuota data internet yang diberikan gratis akan dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs. Hal itu dikecualikan bagi situs yang diblokir termasuk bagi situs permainan dan media sosial.

Namun, Nadiem bilang, situs seperti YouTube akan dapat diakses menggunakan kuota data internet gratis. Langkah tersebut diambil setelah mendapatkan masukan mengenai media pembelajaran melalui YouTube.

"Berbagai macam modifikasi yang kita lakukan adalah hasil evaluasi," terang Nadiem.

Pada tahun 2021 ini, kuota data internet gratis akan diberikan pada bulan Maret hingga Mei 2021. Peserta yang telah mendapatkan kuota data internet gratis tahun 2020 akan otomatis mendapatkan kuota pada tahun 2021 kecuali bagi penerima yang penggunaannya di bawah 1 GB.

Peserta didik untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) akan menerima kuota data gratis sebesar 7 GB per bulan. Sebelumnya peserta didik PAUD mendapatkan kuota 20 GB per bulan dengan pembagian 15 GB kuota belajar dan 5 GB kuota umum.

Sementara untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar, dan pendidikan menengah mendapat kuota 10 GB per bulan. Sebelumnya kuota yang diberikan sebesar 35 GB per bulan yang terdiri dari 30 GB kuota belajar dan 5 GB kuota umum.

Tenaga pendidik untuk PAUD, pendidikan dadar, dan menengah pada tahun 2021 akan mendapat kuota 12 GB per bulan. Sebelumnya tenaga pendidik mendapatkan kuota 42 GB per bulan yang terbagi dari 37 GB kuota belajar dan 5 GB kuota umum.

Sementara mahasiswa dan dosen mendapatkan bantuan kuota sebesar 15 GB per bulan. Sebelumnya bantuan bagia mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan yang terbagi menjadi 45 GB kuota belajar dan 5 GB kuota umum.

 

Selanjutnya: Belajar di rumah jadi hemat kuota, Google Classroom tambahkan mode offline

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru