Kuartal I-2022, WEHA Transportasi (WEHA) Catatkan Kenaikan Laba 78% yoy

Rabu, 20 April 2022 | 07:00 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Kuartal I-2022, WEHA Transportasi (WEHA) Catatkan Kenaikan Laba 78% yoy


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT WEHA Transportasi Indonesia, Tbk (WEHA) membukukan Laba di kuartal I-2022. Tercatat penjualan di kuartal I tahun 2022 meningkat 78% dibandingkan dengan kuartal 1 tahun 2021 menjadi Rp 33 Miliar. 

Adapun Gross Profit Margin meningkat menjadi 38% dibandingkan 29% dengan tahun lalu. Perseroan berhasil mencetak Laba Bersih pada kuartal 1 sebesar Rp 1,5 Miliar, dimana pada kuartal 1 tahun 2021 perseroan masih mengalami kerugian sebesar Rp 3,8 Miliar. 

Di samping itu, EBITDA meningkat tajam sebesar 169% menjadi Rp 9 Miliar dibandingkan dengan 3,4 Miliar di tahun 2021. Andrianto Putera Tirtawisata, Direktur Utama Perseroan mengungkapkan libur Idul Fitri serta liburan sekolah tahun ini juga akan menjadi katalis positif bagi perseroan pada kuartal II tahun 2022. 

Baca Juga: Kinerja Weha Transportasi (WEHA) di 2021 Membaik, Ini Penyebabnya

“Selain itu dari lini bisnis logistik yang dijalankan oleh Perseroan juga menunjukkan trend positif sejak dari tahun lalu, dimana Perseroan terus melakukan pembukaan jalur-jalur pengiriman baru,” ungkap dia dalam keterangan resminya, Selasa ( 19/4). 

Di lini usaha penyewaan bus, Perseroan saat ini aktif mengikuti tender-tender baru untuk penyewaan bus ke beberapa perusahaan (Corporate Shuttle). Selain itu, Idul Fitri juga merupakan target utama Perseroan dimana selama 2 tahun Pemerintah melakukan anjuran untuk tidak melakukan mudik secara masal.

Untuk lini usaha penyewaan bus, Perseroan menargetkan tingkat utilisasi kendaraan diangka 70- 80% dimana kondisi untuk saat ini tingkat utilisasi di lini usaha ini hanya mencapai 60% saja.

 

 

Adapun limit usaha intercity shuttle DayTrans, tahun ini diperkirakan akan bertumbuh signifikan. Dia bilang, pelonggaran yang dilakukan pemerintah membuat masyarakat bebas bepergian sehingga utilisasi kursi kendaraan atau load factor di perkirakan akan naik sebanyak 30% berbanding tahun lalu. 

“Efek dari kenaikan utilisasi itu sangat baik karena langsung memperbaiki Gross Margin Perseroan,” katanya. 

Sementara, lini bisnis pengiriman barang DayTrans Express dan DayMall, juga terus mengalami peningkatan. Dia bilang perluasan rute atau area jangkauan juga terus di tingkatkan tahun ini agar lebih banyak masyarakat dapat menikmati layanan DayTrans Express dan DayMall. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru