Reporter: Ferrika Sari | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Panin Tbk berhasil menorehkan kinerja positif. Tercatat laba bersih konsolidasi (unaudited) mencapai Rp 666,2 miliar pada kuartal I 2022. Selain itu, perusahaan juga sukses bukukan laba operasional sebelum pencadangan dan pajak yang mencapai sebesar Rp 1,91 triliun atau meningkat 12,5% yoy pada tiga bulan pertama 2022.
Presiden Direktur PaninBank, Herwidayatmo mengatakan pencapaian tersebut berkat keberhasilan menekan biaya bunga sebesar 35,7% di tengah kebijakan suku bunga rendah yang berlangsung saat ini, serta dari pendapatan lainnya berupa penerimaan kembali kredit yang dihapus buku.
"Pendapatan bunga tercatat sebesar Rp. 3,42 triliun, turun 8,97% yoy. Sedangkan Biaya Bunga berhasil ditekan menjadi Rp 907 milyar, turun 35,7% dari periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 1,4 triliun," kata Herwidayatmo, dalam keterangan resmi, Kamis (28/4).
Baca Juga: Tersisa Waktu 8 Bulan Bagi Bank Kecil untuk Penuhi Ketentuan Modal
Hal ini dibarengi pemulihan kredit selama triwulan I 2022 sebesar Rp 182 milyar. Namun total aset konsolidasi mencapai Rp 205,8 triliun, turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 206,6 triliun.
Sejalan dengan itu, total kredit juga turun 3,19% menjadi Rp 123,9 triliun karena perlambatan pertumbuhan kredit ditengah lambatnya pertumbuhan perekonomian di Indonesia dan penerapan prinsip kehati-hatian untuk menjaga kualitas portofolio kredit.
Sementara dari dari sisi Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) PaninBank tercatat baik masing-masing sebesar 28,76% dan 84,45% per 31 Maret 2022.
Adapun dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp138,1 triliun dengan rasio CASA yang terus meningkat dan mencapai 48,9%, sejalan dengan pertumbuhan tabungan dan giro yang kini menjadi fokus pertumbuhan DPK Bank, mencatat kenaikan sebesar 12,98% yoy.
Baca Juga: IHSG Berpotensi Lebih Sepi Transaksi Menjelang Libur Lebaran
Ia menyebut, pertumbuhan produk tabungan merupakan bukti dari upaya berkelanjutan yang lakukan PaninBank dalam menghadirkan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, secara mudah, aman, dan menguntungkan.
Oleh karena itu, PaninBank berkomitmen untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience, untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. ”Kami berharap nasabah bisa melakukan beragam aktivitas perbankan, termasuk untuk pembukaan rekening, tabungan, transaksi, investasi, dan pinjaman, secara mudah dan efisien” ujar Herwidayatmo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News