kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,22   -11,30   -1.21%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Krisis Energi Global Dorong Kebangkitan Industri Tenaga Nuklir di Asia


Kamis, 01 September 2022 / 05:30 WIB
Krisis Energi Global Dorong Kebangkitan Industri Tenaga Nuklir di Asia

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - BEIJING.  Krisis energi global membuka peluang bagi kebangkitan tenaga nuklir di Asia. Seperti Jepang dan Korsel menghapus kebijakan anti nuklirnya. Sementara India dan China mencari cara untuk membangun lebih banyak reaktor untuk menghindari kekurangan pasokan energi ke depan, mengutip Bloomberg pada Rabu (31/8). 

Bahkan negara-negara berkembang di Asia Tenggara sedang menjajaki teknologi atom. Penggunaan energi nuklir muncul setelah harga gas alam dan batubara mencapai rekornya usai invasi Rusia ke Ukraina. Sedangkan, Rusia sebagai pengekspor bahan bakar utama Eropa ikut memperketat pasokan energinya. 

Inilah yang membuat tenaga nuklir yang dinilai lebih bersih dan andal sangat menarik bagi pembuat kebijakan dan utilitas yang ingin mengendalikan inflasi. Selain itu, tenaga nuklir bisa mencapai tujuan ESG serta dan mengekang ketergantungan pada pemasok energi luar negeri.

“Perlawanan lama terhadap bayangan bencana nuklir, runtuh dengan sangat cepat. Pembangkit nuklir yang ada menghasilkan beberapa listrik termurah. Harga gas alam yang meroket telah membuat keuntungan ekonomi yang jelas ini menjadi lebih jelas,” ujar David Hess, analis kebijakan di Asosiasi Nuklir Dunia. 

Baca Juga: Kekurangan Energi, Kishida Pasang Panggung Kebijakan Besar Hidupkan Pembangkit Nuklir

Ini menandakan perubahan haluan yang dramatis bagi industri nuklir, yang menghabiskan beberapa dekade terakhir. Sebab sektor ini telah dilanda pembengkakan biaya, persaingan dari bahan bakar fosil yang lebih murah, dan peraturan yang lebih ketat.

Adapun penundaan proyek nuklir besar telah mengakibatkan kebangkrutan pionir industri Westinghouse Electric. Sementara kembalinya tenaga nuklir bersifat global, mendapatkan pendukung dari Inggris hingga Mesir, pergeseran ini mungkin paling mengejutkan di Asia, mengingat negara itu memiliki pandangan yang paling dekat dengan bencana yang melanda Jepang lebih dari satu dekade lalu.

Pada Maret 2011, tsunami besar melanda pembangkit listrik Fukushima Dai-Ichi di Jepang, yang mengakibatkan kehancuran terburuk dalam beberapa dekade. Insiden itu meyakinkan beberapa pemerintah bahwa risiko tenaga nuklir jauh lebih besar daripada manfaatnya. 

Bencana ini mendorong Jerman dan Taiwan memutuskan untuk menetapkan tenggat waktu untuk menutup armada pembangkit nuklir mereka. Biaya yang sangat besar untuk membangun fasilitas baru, dan seringnya penundaan, juga menjadi penghalang.

Baca Juga: Jepang Beri Sinyal Kembali Gunakan Tenaga Nuklir untuk Stabilkan Pasokan Energi

Sekarang, ketika tagihan listrik melonjak dan negara-negara menghadapi inflasi yang disebabkan oleh bahan bakar fosil, pemerintah kembali mencari nuklir. Ini membutuhkan sedikit uranium untuk beroperasi, yang saat ini berlimpah, dan menghasilkan listrik sepanjang waktu, tidak seperti proyek energi terbarukan yang terputus-putus seperti angin dan matahari.

Juga mendorong industri adalah kemajuan dalam memproduksi teknologi nuklir yang lebih kecil dan lebih murah, termasuk reaktor modular kecil - atau SMR - yang dapat menjadi alternatif yang menarik sebagai alat untuk mengatasi perubahan iklim.

“Keberatan berbasis rasa takut yang tumbuh dari Fukushima telah memudar, karena tingkat kecelakaan itu diperparah oleh satu dekade penelitian ilmiah, dan negara-negara Asia menghadapi ancaman yang lebih akut dan mematikan dari kekurangan energi,” kata Brandon Munro, chief executive officer dari Bannerman Energy Ltd., sebuah perusahaan pengembangan uranium yang terdaftar di Australia.

Itu menjelaskan mengapa Jepang, yang bergantung pada bahan bakar impor untuk menghasilkan sebagian besar listriknya, mengatakan minggu ini bahwa pihaknya akan mengeksplorasi pengembangan dan konstruksi reaktor generasi berikutnya, sambil juga mendorong untuk memulai kembali reaktor nuklir yang lebih menganggur.

Baca Juga: Eropa Masih Dilanda Krisis Energi, China dan Jepang Mulai Kekurangan Pasokan Listrik

Ini adalah perubahan total untuk Jepang, yang selama dekade terakhir mengatakan tidak akan membangun unit baru atau mengganti yang lama.

“Invasi Rusia mengubah situasi energi global. Energi nuklir dan energi terbarukan sangat penting untuk melanjutkan transformasi hijau,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida pada hari Rabu.

Publik Jepang bahkan melakukan pemanasan terhadap nuklir. Sekitar 58% penduduk memilih memulai kembali tenaga nuklir dalam jajak pendapat Yomiuri yang dilakukan awal Agustus. Ini merupakan pertama kalinya dukungan melebihi penentangan sejak surat kabar memulai survei pada 2017.

Pergeseran serupa terjadi di Korea Selatan. Para pemilih tahun ini memilih presiden pro-nuklir yang menginginkan energi atom menyumbang 30% dari total pembangkit energi, membalikkan rencana pemerintah sebelumnya untuk membuang reaktor.

Dia juga berjanji untuk menjadikan negara itu pengekspor utama peralatan dan teknologi nuklir, dan mengintegrasikan tenaga atom dan energi terbarukan untuk mendorong netralitas karbon.

Baca Juga: Ukraina Tuding Rusia Berniat Matikan PLTN Terbesar di Eropa, Provokasi Skala Besar

China, yang saat ini bergulat dengan gelombang panas bersejarah yang mengakibatkan kekurangan listrik di beberapa bagian negara itu. Pemerintah China pada minggu ini mengatakan akan mempercepat proyek pembangkit listrik tenaga nuklir dan air.

Negara ini berada di tengah-tengah pembangunan reaktor terbesar dalam sejarah industri nuklir untuk memenuhi permintaan energinya yang tidak pernah terpuaskan, sementara juga membatasi ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga batubara yang kotor.

China saat ini memiliki kapasitas tenaga nuklir senilai hampir 24 gigawatt yang sedang dibangun, dan 34 gigawatt lainnya direncanakan. Jika semua itu membuahkan hasil, China akan menjadi produsen tenaga nuklir terbesar di dunia.

Ekspansi Perdana Menteri Narendra Modi ke energi atom juga mendapatkan momentum karena produsen listrik terbesar di India itu ingin mengembangkan dua proyek tenaga nuklir besar-besaran.

Baca Juga: Gelombang Panas dan Krisis Energi, Badan Nuklir Prancis Perpanjang Keringanan Aturan

Negara ini saat ini menghasilkan sekitar 70% listriknya menggunakan batubara dan sekitar 3% dari nuklir, tetapi Modi bertujuan untuk meningkatkan lebih dari tiga kali lipat armada nuklirnya selama dekade berikutnya.

Bahkan negara-negara yang kekurangan uang di Asia Tenggara sedang mencari tenaga nuklir. Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. mengatakan kepada Kongres bulan lalu bahwa dia akan mengeksplorasi pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menurunkan biaya listrik dan meningkatkan kecukupan energi.

Indonesia berencana untuk memulai pembangkit nuklir pertamanya pada tahun 2045, bagian dari tujuan ambisius untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060.

Negara kepulauan Singapura mengatakan awal tahun ini bahwa teknologi nuklir atau panas bumi generasi mendatang dapat mencapai 10% dari bauran energinya pada tahun 2050.

Baca Juga: Putin Ingatkan Macron tentang Risiko Malapetaka di Pembangkit Nuklir Ukraina

Meskipun detailnya tidak jelas, itu adalah pergeseran dari satu dekade lalu ketika negara tersebut menyimpulkan bahwa reaktor konvensional tidak tidak cocok.

Tidak semua pemerintah di Asia yakin. Taiwan belum mengubah posisinya untuk menghapus tenaga nuklir. Ia berencana untuk menutup reaktornya pada akhir 40 tahun masa pakainya hingga 2025, kata Kementerian Urusan Ekonomi awal pekan ini, menurut Taipei Times.

Dan Eropa telah menunjukkan bahwa bahkan memiliki armada reaktor yang sangat besar tidak selalu menjamin pasokan listrik. Prancis, salah satu produsen tenaga nuklir top dunia, sedang bergulat dengan rekor harga listrik yang tinggi, sebagian karena serangkaian pemadaman reaktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×