kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,25   -8,11   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kredit mobil seken sejumlah multifinance masih melaju


Rabu, 04 Agustus 2021 / 04:45 WIB
Kredit mobil seken sejumlah multifinance masih melaju

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembiayaan mobil bekas di beberapa perusahaan multifinance nampaknya masih tumbuh dan menguntungkan. Padahal, ada kekhawatiran sebelumnya terkait insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang dinilai bisa menghambat kredit mobil bekas.

Kalau melihat data OJK pada paruh pertama 2021, pembiayaan mobil bekas memang masih terkontraksi 4,18% menjadi Rp 56,40 triliun. Hanya saja, kontribusi pembiayaan mobil bekas terhadap keseluruhan pembiayaan mobil justru meningkat secara tahunan dari 32,24% menjadi 34,04%.

Salah satu perusahaan multifinance yang masih meraup berkah dari kredit mobil bekas yaitu BFI Finance. Adapun, pembiayaan mobil bekas di BFI Finance masih mendominasi dari seluruh portofolio pembiayaan dengan porsi 71,2% atau senilai Rp 4,34 triliun.

Baca Juga: Perbankan syariah optimis akan terus tumbuh positif hingga akhir tahun 2021

Perusahaan menyebutkan bahwa mobil bekas memang menjadi fokus segmen dari perusahaan ini dan salah satu kelebihannya adalah depresiasi yang tidak sebesar dan secepat mobil baru.

Sehingga, apabila terjadi kelalaian bayar angsuran yang menyebabkan terjadinya pengambilan kembali jaminan, tingkat kerugian biasanya tidak terlalu besar.

“Tapi selalu ada tantangan karena yang diperlukan adalah pengetahuan yang mendalam atas segmen ini karena agak berbeda dengan segmen mobil baru,” ujar Direktur BFI Finance Sudjono kepada KONTAN.

Ada juga CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) juga turut mencatatkan kinerja positif pada pembiayaan mobil bekas. Bahkan, perusahaan mengaku pertumbuhan segmen ini mencapai dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Multifinance gencar lakukan efisiensi untuk menekan biaya operasional

Adapun, pembiayaan mobil bekas di CNAF sampai Juni 2021 berkontribusi sebanyak 25,2% dari total aset kelolaan perusahaan. Sedangkan, total pembiayaan hingga periode waktu yang sama sebesar Rp 2,2 triliun.

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman bilang kalau fenomena naiknya pembiayaan mobil bekas dikarenakan beralihnya kebutuhan masyarakat yang akan membeli mobil baru ke mobil bekas karena kondisi makro ekonomi yang kurang mendukung. 



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×