kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korban terus berjatuhan di Kota Gaza akibat saling serang Israel - Hamas


Senin, 17 Mei 2021 / 04:35 WIB
Korban terus berjatuhan di Kota Gaza akibat saling serang Israel - Hamas

Sumber: Bloomberg | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  GAZA. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan udara Israel di jantung Kota Gaza telah menewaskan sedikitnya 23 orang dan melukai 50 lainnya. Itu adalah serangan tunggal paling mematikan sejak dimulainya pertempuran sengit antara Israel dan pemimpin militan Hamas di Gaza hampir seminggu yang lalu.

Tim penyelamat berlomba untuk menarik korban dan mayat dari puing-puing. Sebelumnya, Israel mengatakan telah mengebom rumah pemimpin tertinggi Hamas di Gaza dalam serangan terpisah. Itu adalah serangan ketiga yang menargetkan rumah para pemimpin Hamas dalam dua hari terakhir.

Militer Israel pada Minggu mengatakan pihaknya menghancurkan rumah pemimpin tertinggi Hamas di Gaza, serangan ketiga dalam beberapa hari, setelah hampir seminggu serangan udara Israel di wilayah itu. Kelompok militan Palestina yang menguasai Gaza telah menembakkan ratusan roket ke Israel.

Israel tampaknya telah meningkatkan serangan dalam beberapa hari terakhir untuk menimbulkan kerusakan sebanyak mungkin pada Hamas karena upaya untuk menengahi gencatan senjata semakin cepat. Seorang diplomat AS berada di kawasan itu untuk mencoba meredakan ketegangan, dan Dewan Keamanan PBB akan bertemu hari Minggu.

Baca Juga: PM Israel Netanyahu berjanji melanjutkan serangan di Gaza selama diperlukan

Militer mengatakan, serangan itu menghantam rumah Yehiyeh Sinwar, pemimpin Hamas paling senior di wilayah itu, dan saudaranya Muhammad, anggota senior Hamas lainnya. Pada hari Sabtu, mereka menghancurkan rumah Khalil al-Hayeh, seorang tokoh senior di cabang politik Hamas.

Brigadir Jenderal Hidai Zilberman mengkonfirmasi serangan terhadap rumah Sinwar di kota Khan Younis di Gaza selatan kepada radio militer. Juru bicara militer mengatakan rumah saudara laki-laki Sinwar, yang bertanggung jawab atas "logistik dan personel" Hamas, juga hancur.

Pemimpin tertinggi Hamas, Ismail Haniyeh, membagi waktunya antara Turki dan Qatar, yang keduanya memberikan dukungan politik kepada kelompok tersebut.

Hamas dan kelompok militan Jihad Islam telah mengakui 20 pejuang tewas sejak pertempuran meletus Senin, sementara Israel mengatakan jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi.

Putaran pertempuran terbaru - yang terburuk sejak perang Gaza 2014 - telah menewaskan sedikitnya 145 warga Palestina di Gaza, termasuk 41 anak-anak dan 23 wanita. Delapan orang Israel telah tewas, termasuk seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dan seorang tentara.

Hamas dan kelompok militan lainnya telah menembakkan sekitar 2.900 roket ke Israel sejak Senin, ketika ketegangan atas situs suci di Yerusalem dan ancaman penggusuran puluhan keluarga Palestina memuncak.

Sekitar setengah dari proyektil tersebut telah gagal atau dicegat, menurut militer Israel, tetapi roket telah mencapai kota-kota besar dan menimbulkan kepanikan yang meluas.

Baca Juga: Kantor Al Jazeera dan AP di jalur Gaza hancur akibat serangan udara Israel

Israel telah melakukan ratusan serangan udara di seluruh wilayah yang miskin dan diblokade, yang menampung lebih dari 2 juta warga Palestina, dan merobohkan sejumlah bangunan bertingkat tinggi, termasuk salah satu yang menjadi tempat kantor The Associated Press di Gaza.

Pada Minggu pagi, pesawat tempur Israel menghantam beberapa bangunan dan jalan di pusat Kota Gaza. Foto-foto yang diedarkan oleh warga dan jurnalis menunjukkan serangan udara menghantam kawah yang memblokir salah satu jalan utama menuju rumah sakit Shifa, pusat medis terbesar di jalur itu.



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×