kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Koordinasi dengan K/L, Menteri PAN-RB Siapkan Beberapa Skenario Pemindahan ASN ke IKN


Selasa, 13 Juni 2023 / 04:15 WIB
Koordinasi dengan K/L, Menteri PAN-RB Siapkan Beberapa Skenario Pemindahan ASN ke IKN

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah sudah menyiapkan simulasi atau skenario dalam pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, saat ini Kementerian PAN-RB sudah membuat simulasi dan skenario detil untuk pemindahan ASN ke IKN. 

Bahkan, kata Azwar, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah melakukan simulasi kepindahan ASN ke IKN.

“Jadi Kementerian PAN-RB sudah membuat simulasi detil, setelah tempat siap ASN mana saja yang pindah, bahkan di dalam Kementerian Lembaga itu eselon berapa dan siapa yang akan pindah sudah kami petakan. Jadi ini sudah komprehensif bahkan BKN sudah lakukan simulasi,” kata Azwar di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/6).

Baca Juga: ASN dari 40 Kementerian Siap Pindah ke IKN pada 2024

Azwar memberi contoh simulasi tersebut misalnya, salah satu Kementerian/Lembaga (K/L) yang diberangkatkan awal ialah eselon 1, eselon 2 dan eselon 3. Hal tersebut sudah dibuat dalam beberapa skenario dan simulasi dengan seluruh K/L.

Lebih lanjut Azwar mengatakan, nantinya ASN yang akan pindah lebih dulu ialah yang berasal dari Kementerian/Lembaga (K/L) yang terkait dengan kebijakan. 

Misalnya, Kementerian PAN-RB, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan Kementerian lainnya.

Namun ia menyebut, pemindahan ASN pada 2024 tersebut tak berarti akan dilakukan secara langsung, melainkan akan dilakukan secara bertahap.

“Ini tidak harus semua pindah, ada yang pindah ada yang tidak, bertahap,” kata Azwar.

Pemindahan ASN ke IKN ditargetkan dapat terlaksana pada 2024, namun untuk pastinya Azwar menyebut juga akan berkoordinasi dengan kesiapan tempat untuk ASN di sana.

“Kami koordinasi dengan kesiapan tempat di sana, target 2024. Sekarang 47 tower untuk ASN kami dapat informasi sedang menunggu pemenang lelang. Berarti ini segera akan berjalan di lapangan,” imbuhnya.

Baca Juga: Sebanyak 11.274 ASN dan 5.716 TNI/Polri Dipastikan akan Pindah ke IKN Tahun 2024

Sejauh ini menurutnya belum ada ASN yang menolak untuk dipindahkan ke IKN. Bahkan, ia mengatakan ada ASN yang mengajukan surat untuk masuk ke skenario pemindahan ASN ke IKN.

“Justru ada ASN yang tidak masuk skenario pindah dia yang usulkan dan bikin surat ke saya, jadi (dia buat surat) kami minta diusulkan mau masuk skenario ASN yang pindah. Artinya banyak anak muda yang talenta digital yang ingin menikmati atmosfer baru digital service dan sistem pemerintah berbasis digital, lingkungan nyaman dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Mengenai simulasi pemindahan ASN ke IKN tersebut, Azwar melaporkannya ke Presiden Joko Widodo pada Senin (12/6). 

Azwar juga menyampaikan pihaknya sudah mendatangi lokasi IKN serta melihat persiapan rencana pemindahan ASN disana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×