kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KIP Kuliah Bisa untuk PTN-PTS, Kuliah Gratis Sampai Lulus, Sudah Tahu?


Rabu, 30 Maret 2022 / 04:38 WIB
KIP Kuliah Bisa untuk PTN-PTS, Kuliah Gratis Sampai Lulus, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Salah satu program bantuan pendidikan yang tengah membuka pendaftaran ialah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memiliki sejumlah skema bantuan biaya pendidikan. Salah satu program bantuan pendidikan yang tengah membuka pendaftaran ialah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022. 

Melansir laman kemdikbud.go.id, kartu KIP Kuliah Merdeka dapat digunakan para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Bantuan beasiswa yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi agar lebih merata dan berkualitas, sehingga sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dapat segera terwujud,” disampaikan oleh Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Abdul Kahar, seperti yang dilansir dari laman Kemdikbud.

Dia menjelaskan, Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 sudah dibuka bagi calon mahasiswa PTN dan PTS melalui berbagai tes masuk yaitu Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), seleksi Mandiri PTN seleksi Mandiri PTS.

Baca Juga: Realisasi Anggaran Pendidikan Meningkat 35,8% per Februari 2022
 
“Calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN, dan dibebaskan dari biaya kuliah semester hingga lulus. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya,” terang Kahar.

Mekanisme pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tata cara pendaftaran dapat dilihat melalui situs resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id. 

“Syarat-syarat yang digunakan untuk mendaftar KIP kuliah ini hanya memerlukan beberapa dokumen seperti data diri, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” terang Kahar.

Baca Juga: Cara Memilih Pusat UTBK 2022 dan Cetak Kartu Peserta, Harus PIlih Lokasi Terdekat



TERBARU

×