kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kim Jong Un diisukan sakit, ini tanggapan pemerintah Korea Utara


Selasa, 29 Juni 2021 / 06:54 WIB
Kim Jong Un diisukan sakit, ini tanggapan pemerintah Korea Utara
ILUSTRASI. Kim Jong Un diisukan sakit, ini tanggapan pemerintah Korea Utara

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Pyongyang. Kondisi kesehatan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un menjadi spekulasi. Pasalnya, Kim Jong Un terlihat kurus dalam penampilan terakhirnya di hadapan publik. Bagaimana tanggapan pemerintah Korea Utara?

Nyatanya, pemerintah Korea Utara mengakui Kim Jong Un mengalami masalah kesehatan. Hal itu pula yang menyebabkan Kim Jon Un semakin kurus.

Ini merupakan pertama kali pemerintah Korea Utara berani menyampikan kondisi kesehatan Kim Jong Un. Pasalnya, bagi Korea Utara, Kim Jong Un dianggap setengah dewa yang tentunya tidak akan sakit.

Televisi pemerintah Korea Utara telah mengakui penurunan berat badan Kim Jong Un, bahkan mengakui bahwa kesehatan pemimpin itu menjadi perhatian masyarakat di Pyongyang. Pengakuan itu disiarkan dalam wawancara dengan seorang warga Korea Utara di Televisi Pusat Korea (KCTV) yang dikelola pemerintah, menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap.

“Rakyat sangat sedih melihat Sekretaris Jenderal yang terhormat terlihat lebih kurus,” kata warga itu dalam wawancara yang disiarkan Jumat (25/6/2021).

“Semua orang mengatakan bahwa mereka terharu sampai menangis,” dikutip dari VOA Indonesia.

Komentar tersebut dimasukkan dalam laporan KCTV yang tidak terkait yang menampilkan wawancara di jalan-jalan, dengan warga yang mengungkapkan pendapat tentang berbagai topik, termasuk pertunjukan budaya baru-baru ini. Laporan itu tidak menyebutkan masalah kesehatan yang dialami Kim.

Baca juga: Kim Jong Un mulai kurus, warga Korut malah khawatir

Walaupun demikian, para analis mengatakan penting bahwa Pemerintah Korea Utara mengakui penampilan Kim yang berubah drastis. Kesehatan pria berusia 37 tahun itu sering menjadi bahan spekulasi, yang terbaru setelah dia muncul di TV pemerintah dengan penampilan yang jauh lebih ramping daripada beberapa minggu sebelumnya.

Perkembangan itu terjadi di tengah masa-masa sulit di Korea Utara. Awal bulan ini, Kim Jong Un mengakui negaranya menghadapi situasi rawan pangan yang serius.

Baca juga: Krisis pangan melanda Korea Utara, harga 1 kg pisang mencapai Rp 650.000

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korea Utara Akui Berat Badan Kim Jong Un Turun",

Editor : Aditya Jaya Iswara 

Selanjutnya: Korea Utara mengakui Kim Jong Un sedang hadapi masalah kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×