Khasiat yoghurt bagi kesehatan, bisa meningkatkan daya tahan tubuh

Selasa, 11 Mei 2021 | 20:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Khasiat yoghurt bagi kesehatan, bisa meningkatkan daya tahan tubuh

KONTAN.CO.ID - Selain nikmat, yang lezat dan menyegarkan, yoghurt punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

 

Manfaat minum yoghurt selama ini dikenal sebagai pelancar saluran pencernaan. 

Namun, bukan hanya itu manfaat yoghurt untuk kesehatan. Makanan probiotik dari susu segar yang difermentasi ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Berikut ini 7 manfaat yoghurt yang luar biasa sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Kaya nutrisi

Yoghurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat yoghurt dikenal mengandung banyak kalsium, mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang.

Manfaat yoghurt juga tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang keduanya dapat melindungi dari penyakit jantung dan cacat lahir pada bayi. 

Kandungan nutrisi lain dalam yoghurt seperti fosfor, kalium, dan magnesium. Mineral-mineral ini penting untuk beberapa proses biologis, seperti mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.
 
2. Tinggi protein

Yoghurt menyediakan jumlah protein yang terbilang besar, dengan sekitar 12 gram protein untuk setiap 7 ons 200 gramnya. 

Protein telah terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan energi yang dikeluarkan untuk aktivitas tubuh. Manfaat yoghurt yakni sebagai sumber kalori yang bebas lemak. 

Mendapatkan cukup protein juga penting untuk pengaturan nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. 

Manfaat yoghurt dapat secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi secara keseluruhan, yang bermanfaat untuk pengendalian berat badan, sehingga sangat cocok untuk menu dalam program diet.

Baca Juga: Krokot sebagai Common Purslane, Makin Dicari Selama Pandemi

3. Baik untuk saluran pencernaan

Beberapa jenis yoghurt mengandung bakteri hidup atau probiotik. Bakteri baik ini sangat menguntungkan bagi kesehatan pencernaan. Sayangnya, banyak yoghurt telah dipasteurisasi, di mana susu segar dipanaskan dalam waktu singkat, namun justru membunuh banyak bakteri baik. 

Untuk memastikan yoghurt tetap mengandung probiotik yang efektif, cari yoghurt yang mengandung kultur bakteri aktif yang biasanya dicantumkan pada kemasan. 

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yoghurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar (IBS), yang merupakan penyakit umum terkait usus besar.

4. Menguatkan sistem imun

Manfaat minum yoghurt secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi kemungkinan tubuh tertular penyakit. Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus. 

Penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, manfaat yoghurt untuk kesehatan juga dapat membantu mengurangi tingkat keparahan flu. 

Selain itu, sifat peningkat kekebalan dari manfaat yoghurt sebagian karena kandungan magnesium, selenium dan sengnya, yang merupakan mineral yang dikenal karena perannya dalam kesehatan sistem kekebalan. Yoghurt yang diperkaya vitamin D dapat meningkatkan kesehatan kekebalan lebih jauh. 

Baca Juga: 6 Tips untuk menghindari keinginan makan junk food saat hamil

5. Mencegah osteoporosis

Manfaat yoghurt yakni mengandung beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kalsium, protein, kalium, fosfor, dan terkadang vitamin D.

Semua vitamin dan mineral ini sangat membantu untuk mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang. Ini umum terjadi pada orang tua.
Seseorang dengan osteoporosis memiliki kepadatan tulang yang rendah dan berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang. 

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat minum yoghurt setiap hari dapat membantu menjaga masa dan kekuatan tulang.

6. Kesehatan jantung

Kandungan lemak dalam yoghurt adalah salah satu alasan mengapa kesehatannya sering jadi perdebatan para ahli gizi. Yoghurt mengandung cukup banyak lemak jenuh.

Lemak jenuh diyakini menyebabkan penyakit jantung, tetapi dalam beberapa penelitian terbaru justru menunjukkan kenyataan sebaliknya. Tidak ada bukti yang jelas bahwa lemak dalam yoghurt berbahaya bagi kesehatan. Faktanya, yoghurt justru dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan lemak jenuh dari produk susu meningkatkan kolesterol baik atau HDL, yang dapat melindungi kesehatan jantung. Studi lain telah menemukan bahwa manfaat minum yogurt dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Selain itu, produk susu seperti yogurt telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.
 
7. Program diet

Manfaat yoghurt untuk kesehatan berikutnya yakni sebagai penurun berat badan. Kandungan protein tinggi plus kalsium bisa meningkatkan kadar hormon pengurang nafsu makan seperti peptida. 

Lebih lanjut, beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat minum yoghurt dikaitkan dengan penurunan berat badan, persentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang.

Selanjutnya: 11 Makanan yang harus dihindari penderita diabetes

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru