kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Khasiat donor darah bagi pendonor


Senin, 10 Mei 2021 / 19:40 WIB
Khasiat donor darah bagi pendonor

Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Donor darah adalah perbuatan mulia yang bisa menyelematkan nyawa orang lain. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat setelah mendonorkan darah? Selain membuat Anda merasa senang, donor darah juga bagus untuk kesehatan tubuh.

The Healthy (thehealthy.com) menyebutkan bahwa donor darah adalah salah satu hal baik yang mampu menyehatkan kondisi mental seseorang. Hal itu berpengaruh pula pada kondisi fisik Anda. Salah satunya adalah tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Tekanan darah yang lebih stabil tentu saja baik untuk kondisi jantung Anda. Risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya bisa Anda hindari. Selain baik untuk jantung, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapat dengan mendonorkan darah Anda.

Mengetahui Kondisi Tubuh Anda

Setiap sebelum mendonorkan darah, Anda harus melewati penilaian kesehatan terlebih dahulu. Beberapa bagian yang dites adalah tekanan darah, suhu tubuh, denyut jantung, dan jumlah hemoglobin dalam darah. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, Anda menjadi bisa mengetahui kondisi kesehatan Anda secara berkala.

Baca Juga: 4 Manfaat donor darah yang berguna untuk kesehatan Anda

Menurunkan Jumlah Zat Besi

Zat besi memang dibutuhkan tubuh supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, saat jumlah zat besi terlalu banyak, organ dan kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terganggu. Salah satu cara supaya zat besi dalam tubuh tak terlalu banyak adalah dengan donor darah.

Mengutip dari The Healthy, satu kali donor darah dapat mengeluarkan 225 hingga 250 mg zat besi. Hal itu tentu saja berdampak baik untuk kesehatan tubuh Anda, kan? Namun, pastikan untuk selalu melakukannya dengan pengawasan dokter, ya.

Membakar Kalori

Manfaat donor darah selanjutnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah kegiatan itu mampu membakar kalori dalam tubuh. Meski tidak terlalu banyak, tapi hal itu tentu saja berguna untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Donor darah kurangi risiko kematian

Mencegah Anemia

Manfaat donor darah berikutnya adalah mencegah anemia. Seperti yang sudah dikatakan, jumlah hemoglobin dalam darah akan dicek sebelum Anda melakukan donor darah. Pemeriksaan itulah yang bisa Anda gunakan untuk mencegah anemia.

Saat jumlah hemoglobin terlalu rendah, Anda bisa melakukan perawatan yang cepat dan tepat. Jika anemia dibiarkan, tubuh yang kekurangan vitamin bisa semakin parah, denyut jantung tak beraturan, dan muncul penyakit lain yang lebih serius.

Selanjutnya: Donor plasma konvalesen dari penyintas untuk ringankan beban pasien Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×