Khasiat buah stroberi untuk kesehatan, dari sumber antioksidan hingga kontrol gula

Jumat, 07 Mei 2021 | 04:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Khasiat buah stroberi untuk kesehatan, dari sumber antioksidan hingga kontrol gula

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Konsumsi buah stroberi secara rutin bagus untuk kesehatan. Pasalnya, stroberi memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Stroberi adalah buah yang cukup favorit diolah menjadi minuman jus di Indonesia. Ada banyak manfaat stroberi bagi kesehatan tubuh.

Selain diolah menjadi minuman, buah ini banyak dipakai sebagai pelengkap makanan seperti dessert. Buah ini sendiri terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Kandungan utama buah stroberi adalah air yakni sebesar 91%, lalu karbohidrat 7,7%, mengandung sedikit lemak 0,3%, dan protein 0,7%.

Dalam setiap 100 gram buah stroberi mengandung gula 4,9 gram, serat 2 gram, dan lemak 0,3 gram.

Berikut ini 8 manfaat buah stroberi bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari Healthline:

1. Sumber karbohidrat

Stroberi segar mengandung banyak air, jadi kandungan total karbohidratnya sangat rendah - kurang dari 8 gram karbohidrat per 100 gram.

Kandungan karbohidrat bersih yang dapat dicerna kurang dari 6 gram dalam ukuran porsi yang sama. Sebagian besar karbohidrat buah beri ini berasal dari gula berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa, tetapi buah ini juga mengandung serat dalam jumlah yang cukup.

Stroberi memiliki skor indeks glikemik (GI) 40, yang relatif rendah. Artinya, stroberi tidak menyebabkan lonjakan besar kadar gula darah dan dianggap aman bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Catat! Ini 12 buah-buahan yang efektif menurunkan berat badan

2. Sumber serat

Kandungan serat dalam buah stroberi sekitar 26% dari kandungan karbohidratnya. Satu porsi stroberi dengan berat 100 gram menyediakan 2 gram serat, baik larut maupun tidak larut.

Serat menjadi makanan penting untuk memberi makan bakteri baik di usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, manfaat stroberi berguna untuk menurunkan berat badan dan dapat membantu mencegah banyak penyakit.

3. Kaya akan vitamin dan mineral

Vitamin C adalah kandungan vitamin yang paling dominan pada manfaat buah stroberi. Manfaat stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang diperlukan untuk kekebalan dan kesehatan kulit.

Selain itu, manfaat stroberi yakni terkait kandungan vitamin dan mineral lainnya seperti folat, vitamin B, kalium, zat besi, tembaga, magnesium, vitamin B6, vitamin K, dan vitamin E.

4. Sumber antosianin

Antosianin sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lebih dari 25 jeis antosianin berbeda telah ditemukan pada stroberi, salah satu yang terbanyak yakni pelargonidin.

Antosianin sendiri bertanggung jawab atas warna cerah pada bunga hingga buah naga. Biasanya, antosianin terkonsentrasi pada kulit buah. Namun pada stroberi, antosianin banyak terdapat pada dagingnya.

Baca Juga: 6 Bahan ini cocok jadi cara memerahkan bibir secara alami

5. Sumber antioksidan ellagitannis

Manfaat stroberi adalah kaya akan ellagiannis serta asam ellagic. Keduanya merupakan senyawa antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

6. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di seluruh dunia. Antosianin dalam manfaat buah stroberi mampu mencegah berbagai penyebab penyakit jantung.

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau antosianin bisa berpengaruh pada peningkatan kesehatan jantung. Buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Baca Juga: Kolesterol naik karena sering berbuka dengan gorengan, ini cara menurunkannya

7. Mengontrol gula darah

Saat karbohidrat dicerna, tubuh akan memecahnya menjadi gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa lalu melepaskannya ke aliran darah. Tubuh kemudian mulai mengeluarkan insulin, yang memberi tahu sel untuk mengambil gula dari aliran darah dan menggunakannya untuk bahan bakar atau penyimpanan.

Ketidakseimbangan dalam pengaturan gula darah dan diet tinggi gula dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Stroberi tampaknya memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa dan insulin setelah makan makanan yang kaya karbohidrat.

8. Pencegahan kanker

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Pembentukan dan perkembangan kanker sering dikaitkan dengan peradangan kronis.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat stroberi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker melalui kemampuannya melawan stres oksidatif dan peradangan.

Manfaat stroberi terhadap kanker juga berasal dari asam ellagic dan ellagitannin, yang telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Selanjutnya: Cara menurunkan kolesterol jahat secara alami, konsumsi 8 minuman ini

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru