Keyakinan Masyarakat pada Pemerintah Menurun pada Agustus, Ini Penyebabnya

Kamis, 22 September 2022 | 06:50 WIB   Reporter: Bidara Pink
Keyakinan Masyarakat pada Pemerintah Menurun pada Agustus, Ini Penyebabnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepercayaan masyarakat pada pemerintah nampak menurun pada Agustus 2022. Berdasarkan survei Danareksa Research Institute (DRI), ini ditunjukkan dari Indeks Kepercayaan Terhadap Pemerintah atau Consumer Confidence in The Government Index (CCGI) Agustus 2022 yang turun 0,7% menjadi 112,7. 

Kepala ekonom DRI Rima Prama Artha menyebut, penurunan keyakinan masyarakat terhadap pemerintah terutama disebabkan oleh turunnya keyakinan akan kemampuan pemerintah untuk menegakkan supremasi hukum. 

"Ini terutama didorong oleh turunnya keyakinan masyarakat akan kemampuan pemerintah  dalam menegakkan supremasi hukum. Indeksnya turun 3,5% MoM (secara bulanan) menjadi 121,5," tulis Rima dalam laporan Survei Konsumen DRI, Rabu (21/9). 

Selain itu, masyarakat juga nampak kurang yakin dengan pemerintah yang bisa menciptakan lingkungan yang aman. Indeksnya pun turun 3,5% MoM menjadi 156,6. 

Baca Juga: Survei DRI: Konsumen Makin Yakin dengan Kondisi Ekonomi Saat Ini

Sebaliknya, keyakinan masyarakat terkait pemerintah bisa dalam menjaga harga pangan meningkat 9,8% MoM. Dengan demikian, indeks ini berada di level 95,2 pada bulan laporan. 

Seperti kita ketahui, inflasi pangan bergejolak (volatile food) pada bulan tersebut mencatat deflasi 2,90% secara bulanan.

"Ini mungkin berkaitan dengan adanya penurunan harga pangan yang menyebabkan deflasi pada Agustus 2022," tandas Rima. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru