kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kesampingkan amarah China, pemerintahan Biden undang Taiwan ke KTT Demokrasi


Kamis, 25 November 2021 / 05:20 WIB
Kesampingkan amarah China, pemerintahan Biden undang Taiwan ke KTT Demokrasi

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Pemerintahan Biden telah mengundang Taiwan ke KTT untuk Demokrasi yang diselenggarakan bulan depan, menurut daftar peserta yang diterbitkan pada Selasa (23/11).

Sebuah langkah yang kemungkinan akan membuat China marah, yang memandang pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai wilayahnya. 

Melannsir Reuters, Rabu (24/11), pertemuan pertama dari jenisnya adalah ujian dari pernyataan Presiden Joe Biden, yang diumumkan dalam pidato kebijakan luar negeri pertamanya di kantor pada bulan Februari, bahwa ia akan mengembalikan Amerika Serikat ke kepemimpinan global untuk menghadapi kekuatan otoriter yang dipimpin oleh China dan Rusia. 

Ada 110 peserta dalam daftar undangan Departemen Luar Negeri untuk acara virtual pada 9 dan 10 Desember, yang bertujuan untuk membantu menghentikan kemunduran demokrasi dan erosi hak dan kebebasan di seluruh dunia.

Undangan untuk Taiwan datang ketika China telah meningkatkan tekanan pada negara-negara lain untuk menurunkan atau memutuskan hubungan dengan pulau itu, yang dianggap Beijing tidak memiliki hak atas hubungan diplomasi. Taiwan yang memerintah sendiri mengatakan Beijing tidak berhak berbicara untuk itu.

Baca Juga: Biden berniat mencalonkan diri lagi pada pada pemilu tahun 2024

Perbedaan tajam atas Taiwan bertahan selama pertemuan virtual awal bulan ini antara Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Sementara Biden menegaskan kembali dukungan lama AS untuk kebijakan Satu China di mana ia secara resmi mengakui Beijing daripada Taipei, dia juga mengatakan dia "sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Gedung Putih.

Xi mengatakan bahwa orang-orang di Taiwan yang mencari kemerdekaan, dan pendukung mereka di Amerika Serikat, "bermain dengan api," menurut kantor berita Xinhua.

Kelompok hak asasi mempertanyakan apakah KTT Biden untuk Demokrasi dapat mendorong para pemimpin dunia yang diundang, beberapa dituduh menyembunyikan kecenderungan otoriter, untuk mengambil tindakan yang berarti.

Daftar Departemen Luar Negeri menunjukkan acara tersebut akan menyatukan demokrasi yang matang seperti Prancis dan Swedia tetapi juga negara-negara seperti Filipina, India dan Polandia, di mana para aktivis mengatakan demokrasi berada di bawah ancaman.

Di Asia, beberapa sekutu AS seperti Jepang dan Korea Selatan diundang, sementara yang lain seperti Thailand dan Vietnam tidak. Absen penting lainnya adalah sekutu AS Mesir dan anggota NATO Turki. Perwakilan dari Timur Tengah akan tipis, dengan hanya Israel dan Irak dua negara yang diundang.

Selanjutnya: AS dan Taiwan akan gelar dialog ekonomi putaran kedua pekan depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×