kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepada siapa vaksin Pfizer di Indonesia akan diberikan?


Sabtu, 28 Agustus 2021 / 04:45 WIB
Kepada siapa vaksin Pfizer di Indonesia akan diberikan?

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini informasi mengenai vaksin Covid-19 produksi Pfizer-BioNTech. Vaksin yang dikenal juga dengan nama Corminaty ini sudah didistribusikan secara bertahap pada 20 Agustus 2021. 

Melansir situs Kementerian Kesehatan, pada tahap awal, vaksin ini telah didistribusikan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Tanggerang Selatan dan Bekasi.

Menurut Kemenkes, prioritas pemberian vaksin Pfizer ke wilayah Jabodetabek dikarenakan sistem logistik yang kompleks dibandingkan dengan jenis vaksin lainnya. 

Asal tahu saja, vaksin Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus dan harus segera digunakan, karena secara spesifikasi vaksin ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara –90 hingga –60 derajat Celcius.

“Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati.

Baca Juga: Tak perlu cetak sertifikat vaksin Covid-19, ini penjelasan Satgas

Vaksin Pfizer telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021, sehingga bisa langsung disuntikkan kepada masyarakat.

Lantas, kepada siapa vaksin Pfizer ini diberikan?

Mengutip laman covid19.go.id, vaksin ini digunakan untuk masyarakat berusia 12 tahun ke atas dan belum pernah menerima vaksin dan akan diberikan 2 dosis (@ 0,3 ml) dengan jarak vaksinasi minimal 21 hari.

Baca Juga: Jangan berburu vaksin Covid-19 dengan merek tertentu, mengapa?

Tambahan informasi saja, saat ini terdapat 6 jenis vaksin yang digunakan di Indonesia untuk melawan virus Covid-19. Vaksin tersebut antara lain vaksin Coronavac, vaksin jadi buatan Sinovac asal Tiongkok, vaksin Covid-19, vaksin produksi Bio Farma dengan bahan baku dari Sinovac, vaksin AstraZeneca asal Inggris, vaksin Moderna dan Pfizer asal Amerika Serikat.

“Meski terdapat beberapa jenis vaksin di Indonesia, kami menghimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin karena pemerintah sudah menjamin keamanan dan khasiat dari vaksin Covid-19 yang digunakan saat ini. Kembali saya tekankan, jangan pilih-pilih vaksin, semuanya aman dan berkhasiat dan segera lakukan vaksinasi,” tegas Widyawati.

Selanjutnya: Tak perlu cetak sertifikat vaksin Covid-19, ini penjelasan Satgas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×