Kentucky Fried Chicken (KFC) Masih Memimpin Pasar Ayam Goreng di Indonesia

Jumat, 13 Mei 2022 | 07:30 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Kentucky Fried Chicken (KFC) Masih Memimpin Pasar Ayam Goreng di Indonesia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Eddy Sutanto melihat adanya prospek yang menjanjikan dari bisnis restoran cepat saji ayam goreng. Bahkan menurut Apkrindo, pemain terbesar restoran cepat saji untuk ayam goreng adalah Kentucky Fried Chicken (KFC) milik PT Fast Food Indonesia. 

Menurutnya, bisnis ini akan tetap menjadi pilihan makanan yang disukai masyarakat di seluruh usia. Bahkan, KFC masih menjadi pemain dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia. “Prospek nya masih bagus dan tentu akan menjadi  makanan pokok bagi masyarakat,” kata dia kepada Kontan.co.id - Jakarta. 

Menurutnya, dengan menjadi pemimpin pasar ayam goreng di Indonesia, KFC saat ini memiliki volume produksi dan penggunaan ayam mencapai 100 ton saban bulannya. “KFC masih menjadi market leader di Indonesia. Kami melihat persaingannya juga akan sulit untuk mengalahkan KFC,” katanya. 

Baca Juga: Kenaikan PPN Berpotensi Pengaruhi Kelangsungan Bisnis Sarimelati Kencana (PZZA)

Dia menambahkan, salah satu faktor pendorong pangsa pasar KFC juga lantaran pihaknya memiliki daya tawar harga beli yang tinggi. 

Sebagai informasi tambahan, PYT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) telah merilis laporan keuangan full year 2021. Hasilnya, pemilik gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia ini membukukan pendapatan senilai Rp 4,84 triliun. 

Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, Apkrindo: Penerapan PPKM Semestinya Sudah Tidak Diterapkan

Dengan beban pokok penjualan Rp 1,90 triliuan, KFC mencatatkan laba bruto Rp 2,94 triliun pada 2021. Jumlah ini tumbuh 2,44% dibandingkan laba bruto 2020 yang senilai Rp 2,87 triliun. Namun FAST masih membukukan rugi usaha Rp 339,20 miliar di 2021, menurun 24,19% dibandingkan rugi usaha 2020 sebesar Rp 447,42 miliar. 

Adapun berdasarkan catatan KONTAN, hingga akhir September 2021 jaringan waralaba KFC dan Taco Bell  memiliki sebanyak 736 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di tahun 2022 pun FAST berencana ingin membuka 20 gerai KFC dan 5 gerai Taco Bell yang berfokus pada pembukaan gerai di wilayah Jawa dan Indonesia Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru