Global

Kenapa kaki bengkak saat hamil di setiap trimester? Ini penyebabnya

Rabu, 19 Mei 2021 | 03:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kenapa kaki bengkak saat hamil di setiap trimester? Ini penyebabnya

KONTAN.CO.ID - Ada banyak masalah kesehatan saat hamil. Salah satunya adalah kaki bengkak. Kaki bengkak seringkali dialami oleh ibu hamil seiring dengan usia kehamilan yang semakin bertambah besar. 

Namun, jangan khawatir sebab kaki bengkak selama hamil sebenarnya wajar. 

Meski begitu, kaki bengkak saat hamil bisa terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas harian. 

Lantas, apa saja yang penyebab kaki bengkak saat hamil?

Penyebab kaki bengkak saat hamil 

Dirangkum dari laman Healthline, ada sejumlah penyebab kaki bengkak saat hamil di masing-masing trimester kehamilan. Berikut di antaranya: 

1. Trimester pertama

Kadar hormon progesteron yang meningkat dengan cepat memperlambat pencernaan ibu hamil. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung. Selain itu, ibu hamil kemungkinan juga mengalami sedikit bengkak di tangan, kaki, atau wajah, namun tidak terlalu besar. 

Jika ibu hamil mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh sejak awal kehamilan, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti pusing, sakit kepala, atau pendarahan, sebaiknya segera hubungi dokter.

Baca Juga: 12 Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

2. Trimester kedua

Trimester kedua dimulai dengan minggu ke-13 kehamilan atau awal bulan keempat kehamilan. Pada saat memasuki usai kehamilan lima bulan, ibu hamil mulai mengalami pembengkakan pada kaki terutama saat cuaca panas dan sering berdiri. 

Penyebab kaki bengkak saat hamil yakni karena meningkatnya volume darah dan cairan dalam tubuh. Volume darah ibu hamil meningkat sekitar 50%. 

3. Trimester ketiga

Trimester ketiga dimulai dengan minggu ke-28 kehamilan dan menjadi waktu paling umum untuk mengalami kaki bengkak. Terutama seiring usia kehamilan yang semakin besar atau mendekati minggu ke-40. 

Penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester ketiga yakni rahim menjadi semakin berat saat bayi terus tumbuh yang dapat memperlambat aliran darah dari kaki kembali ke jantung. 

Selain itu, faktor lain penyebab kaki bengkak saat hamil antara lain cuaca panas, asupan kafein, tidak minum cukup air, dan berdiri untuk waktu yang lama. 

Baca Juga: Berdasarkan tipe, waspadai ciri-ciri penyakit jantung ini

Kaki bengkak saat hamil sebenarnya tidak berbahaya dan normal terjadi. Namun, kaki bengkak terkadang bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius seperti preeklamsia. 

Hal ini adalah kondisi yang dapat berkembang selama kehamilan dan menyebabkan tekanan darah tinggi yang berbahaya. Untuk itu, segera ke dokter jika mengalami kaki bengkak saat hamil disertai dengan sejumlah gejala berikut ini: 

  • Pembengkakan tiba-tiba pada tangan, kaki, wajah, atau sekitar mata Anda
  • Pembengkakan yang semakin parah
  • Pusing atau penglihatan kabur
  • Sakit kepala yang parah
  • Kebingungan
  • Sulit bernafas

Jika ibu hamil melihat pembengkakan hanya pada satu kaki yang juga disertai dengan rasa sakit, kemerahan, atau panas, ini bisa berarti Anda mengalami trombosis vena dalam atau DVT. 

DVT adalah pembekuan darah, biasanya di kaki. Penting untuk menghubungi dokter jika ibu hamil menglami gejala-gejala ini, karena wanita hamil lebih mungkin mengalami pembekuan darah daripada kebanyakan orang. 

Selanjutnya: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, mulai kelelahan hingga sakit gigi

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru