kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenaikan Harga Komoditas, Bisnis Zyrexindo Mandiri Buana (ZYRX) Belum Terdampak


Jumat, 25 Maret 2022 / 07:45 WIB
Kenaikan Harga Komoditas, Bisnis Zyrexindo Mandiri Buana (ZYRX) Belum Terdampak

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk (ZYRX) mengaku kelangsungan usahanya belum begitu terdampak oleh tren kenaikan harga sejumlah komoditas industrial.

Mengutip Trading Economics, harga komoditas industrial seperti aluminium telah meroket 65,11% (yoy) ke level US$ 3.684 per ton pada Rabu (23/3). Begitu pula dengan harga timah yang melonjak 61,57% (yoy). Kenaikan harga komoditas nikel bahkan mencapai 100,33% (yoy) di periode yang sama.

Corporate Secretary Zyrexindo Mandiri Buana Evan Jordan menyampaikan, sejauh ini pihaknya belum merasakan kenaikan harga bahan baku pembuatan laptop dan komputer seiring tingginya harga komoditas. Sebab, ZYRX telah membuat proyeksi kebutuhan bahan baku yang mempertimbangkan dinamika harga komoditas kepada pihak vendor.

Baca Juga: Zyrexindo Mandiri Buana (ZYRX) Targetkan Produksi 250.000 Unit Laptop Tahun Ini

Dalam hal ini, ZYRX telah memberikan proyeksi dan mengikat kontrak harga beli bahan baku dengan vendor, sehingga tidak terpapar oleh kenaikan harga komoditas industrial. “Beberapa bahan baku yang bernilai besar tentu akan mengalami kenaikan harga. Tapi, tidak semua bahan baku mengalami kenaikan,” ujar dia, Kamis (24/3).

Jika memang terjadi kenaikan harga bahan baku, maka ZYRX tidak akan langsung mengerek harga jual produk laptop maupun komputernya. ZYRX sebisa mungkin mengkompensasikan kenaikan harga bahan baku tersebut pada aspek lainnya, sehingga tidak menimbulkan dampak yang terlalu besar terhadap harga jual produk.

 

Sebagai catatan, ZYRX memproduksi beberapa jenis laptop seperti Zyrex Chromebook, Zyrex Sky, dan Zyrex Notebook. ZYRX juga memproduksi desktop atau personal computer (PC) seperti PC Tactical, PC Discovery, dan PC Tactical Slim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×