Kemensos Siap Menyalurkan BLT Minyak Goreng

Sabtu, 09 April 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Siti Masitoh
Kemensos Siap Menyalurkan BLT Minyak Goreng


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng akan diberikan secara tunai langsung kepada penerima bantuan, mulai 4 April hingga 21 April 2022.

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat memastikan bantuan ini akan tepat sasaran. Pihaknya juga telah mempersiapkan  dan mengorganisir data di setiap kelurahan atau desa sesuai dengan daftar jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) dan jumlah penerima sembako yang ada.

Harry merinci, jumlah penerima secara keseluruhan yaitu 20,65 juta penerima dan penyaluran akan menggunakan mekanisme langsung dengan menggunakan jasa PT Pos sesuai dengan arahan Presiden pada awal rapat terkait dengan percepatan bansos.

Selain itu, dia juga melaporkan bahwa saat ini, data yang sudah terhimpun sebanyak 1.070.853 juta KPM dan sudah disiapkan ke Pos untuk segera disalurkan.

Baca Juga: Pemerintah Gelontorkan Rp 6,95 Triliun Anggaran untuk BLT Minyak Goreng

“Artinya Kemensos siap menyalurkan BLT Minyak Goreng ini dan diintegrasikan dalam penyaluran sampai dengan 21 April 2022, bersamaan dengan pencairan Program Sembako dan PKH,” jelasnya dalam Media Briefing: BLT Minyak Goreng, Jumat (8/4).

Adapun, Ia menghimbau jika terdapat kecurangan dalam pemberian bansos ini, seperti diberikan kepada pihak yang tidak tepat sasaran, masyarakat bisa melapor melalui aplikasi Cek Bansos.

Selain itu, masyarakat juga  bisa mengajukan permohonan melalui Cek Bansos, apabila terdapat keluarga yang sangat miskin dan belum mendapatkan bantuan.

Ke depan, Harry bilang, pihaknya terus melakukan pembaharuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) setiap bulannya dan data tersebut diklaim sudah padan baik dari NIK maupun Kartu Keluarga. Bahkan, DTKS kini dilengkapi dengan foto rumah geotagging.

Baca Juga: Kelas Menengah Terdampak Kenaikan Harga Pangan, Ini Bantuan yang Disiapkan Pemerintah

Sebagai informasi, BLT minyak goreng ini akan disalurkan kepada 20,65 juta KPM yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar 18,8 juta. Bantuan itu juga akan diberikan ke penerima Program Keluarga Harapan (PKH) serta 2,5 juta pedagang kaki lima dan warung (PKLW) yang berjualan makanan dengan menggunakan minyak.

Jumlah anggaran BLT minyak goreng ini sebesar Rp 6,2 triliun di rumpun bantuan sosial pangan yang di himpun Kementerian Sosial, dan Rp 750 triliun untuk PKLW yang dihimpun oleh TNI dan Polri. Nantinya, masing-masing KPM akan menerima bantuan Rp 100.000 dalam tiga bulan (April, Mei, Juni). Tetapi, bantuan ini disalurkan secara sekaligus Rp 300.000 pada April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru