kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kematian Akibat COVID-19 di Meksiko Melonjak Mendekati 300.000 Kasus


Jumat, 07 Januari 2022 / 16:39 WIB
Kematian Akibat COVID-19 di Meksiko Melonjak Mendekati 300.000 Kasus
ILUSTRASI. Kerabat saling berpelukan di dekat peti jenazah seorang pria, saat penguburannya di pemakaman lokal, saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Mexico City, Meksiko, Kamis (6/8/2020). REUTERS/Henry Romero

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MEXICO CITY. Meksiko kemungkinan akan melampaui 300.000 kematian akibat COVID-19 minggu ini. Jumlah kematian tertinggi kelima di dunia ketika infeksi meningkat setelah musim liburan, didorong oleh varian virus corona Omicron dan sebagian besar pariwisata yang tidak dibatasi.

Infeksi meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 20.000 selama minggu lalu ketika banyak turis mengunjungi Meksiko dari Amerika Serikat dan Kanada. Sebelas dari 32 negara bagian Meksiko memutuskan untuk tidak melanjutkan kelas sekolah secara langsung minggu ini dengan kasus yang meningkat pesat.

Kedatangan varian Omicron yang sangat menular membalikkan penurunan infeksi selama musim gugur, ketika penerapan vaksin secara luas memberikan bantuan. Beberapa orang Meksiko mengatakan orang-orang telah lengah saat liburan tiba.

"Sejak Desember, banyak orang mulai keluar dan ada banyak yang tidak lagi memakai masker," kata Isauro Perez, seorang sopir taksi berusia 53 tahun di Mexico City. 

"Jika kita tidak menjaga diri kita sendiri, pemerintah tidak akan menjaga kita," tambahnya.

Hingga Rabu, Meksiko telah mencatat 299.805 kematian yang dikonfirmasi dari COVID-19, angka yang kemungkinan jauh di bawah jumlah sebenarnya, kata para pejabat. Data pemerintah yang terpisah menunjukkan ada hampir 452.000 kematian terkait dengan COVID-19 pada pertengahan Desember, dan pengujian yang lebih rendah kemungkinan membantu mengecilkan jangkauan virus.

Baca Juga: WHO Mencatat Lonjakan Mingguan Kasus COVID-19, Lebih Sedikit Kematian

Meksiko memiliki tingkat kematian tertinggi, kematian per kasus yang dikonfirmasi di antara 20 negara yang paling terpengaruh oleh COVID-19 di seluruh dunia, menurut analisis oleh Universitas Johns Hopkins.

Laurie Ximenez-Fyvie, pakar genetika molekuler di National Autonomous University of Mexico (UNAM), mengatakan pada akhirnya, jumlah kematian Meksiko akan menjadi tolok ukur utama bagaimana kinerja pemerintah dalam pandemi. 

Menurut angka dari Our World in Data, sebuah kelompok riset di Universitas Oxford, pada pekan yang berakhir 1 Januari, Meksiko hanya melakukan 0,12 tes harian virus corona untuk setiap 1.000 penduduk, turun dari puncaknya 0,38 per hari pada pertengahan Agustus. Inggris, sebaliknya, melakukan 20,6 tes sehari per 1.000 penduduk saat 2021 berakhir.

Sementara beberapa bagian Eropa dan Amerika Serikat telah memberlakukan pembatasan tambahan dengan penyebaran Omicron, Meksiko sejauh ini menolak dan wisatawan tidak memerlukan tes negatif untuk memasuki negara itu.

Lonjakan kasus baru dapat menghantam Meksiko lebih keras daripada beberapa negara karena memiliki tingkat vaksinasi yang lebih rendah daripada Amerika Serikat dan sebagian besar Eropa, kata para ahli kesehatan.

Baca Juga: Inilah Gejala Flurona, Infeksi Ganda yang Ramai Dibahas

Secara nasional, hanya 56% dari populasi yang divaksinasi lengkap, dibandingkan dengan 62% di Amerika Serikat dan 81% di Spanyol. Tetapi orang-orang Meksiko telah siap menerima vaksin, dan 95% penduduk dewasa Mexico City telah divaksinasi sepenuhnya.

Namun, pemerintah belum meluncurkan program vaksinasi kepada orang-orang di bawah usia 15 tahun, meskipun lebih banyak anak dirawat di rumah sakit. Lebih dari satu dari empat penduduk Meksiko berusia 14 tahun ke bawah, menurut data Bank Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×