Nasional

kebijakan Indonesia atasi pandemi mendapat pujian IMF, begini pendapat BI

Jumat, 05 Maret 2021 | 07:01 WIB   Reporter: Bidara Pink
kebijakan Indonesia atasi pandemi mendapat pujian IMF, begini pendapat BI

ILUSTRASI. Dana Moneter Internasional (IMF) memuji sinergi kebijakan di Indonesia dalam menghadapi pandemi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dana Moneter Internasional (IMF) melontarkan pujian terhadap sinergi kebijakan di Indonesia dalam menghadapi pandemi. Pujian tersebut tertulis dalam laporan Article IV Consultation tahun 2020, Rabu (3/3).

IMF menilai positif kebijakan yang mencakup pengendalian pandemi di sektor kesehatan, kebijakan stimulus fiskal, kebijakan moneter akomodatif, pelonggaran kebijakan makro dan mikroprudensial, serta kebijakan burden sharing Bank Indonesia (BI) dengan pemerintah.

“Bauran kebijakan ditempuh secara kuat dan cepat oleh otoritas Indonesia sehingga dapat menopang pemulihan ekonomi,” ujar IMF dalam laporannya.

Baca Juga: Ini dia 5 program PEN untuk ungkit perekonomian di kuartal I-2021

Bank Indonesia (BI) pun menyambut baik hasil asesmen IMF tersebut. Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengataan, ini memicu bank sentral dan otoritas terkait untuk terus mempererat kerjasama.

“BI, pemerintah, dan otoritas terkait akan terus memperkuat sinergi kebijakan dan mendukung berbagai kebiajkan lanjutan untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional,” ujar Erwin dalam keterangannya.

Hal ini dilakukan dengan pembukaan sektor-sektor ekonomi produktif dan aman, akselerasi stimulus fiskal, dan penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan dan penawaran.

Kemudian, BI juga akan melanjutkan stimulus moneter dan makroprudensial, serta mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional.

 

Selanjutnya: IMF memuji sinergi kebijakan pemerintah dan BI dalam menghadapi pandemi Covid-19

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru