kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KCIC: Kereta Cepat Jakarta Bandung Diharapkan Beroperasi Komersial Oktober 2023


Kamis, 15 Juni 2023 / 04:55 WIB
KCIC: Kereta Cepat Jakarta Bandung Diharapkan Beroperasi Komersial Oktober 2023

Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan operasional komersial Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bisa dilakukan pada Oktober tahun ini. 

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan KCJB akan mulai beroperasi pada Agustus hingga September untuk dikenalkan kepada masyarakat. Namun akan beroperasi secara normal sesuai ketentuan tarif berlaku pada Oktober 2023. 

"Jadi Agustus-September itu masa pengenalan, dan dilanjutkan dengan Oktober beroperasi secara normal," jelas Emir di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Rabu (14/6). 

Menurut Emir, saat ini KCIC sedang berfokus apda testing dan commissioning KCJB menggunakan kereta inspeksi/ comprehensive inspection train (CIT). 

Baca Juga: KCIC Tegaskan Kereta Cepata Jakarta Bandung Tetap Beroperasi Agustus Tahun Ini

Setelah sebelumnya seluruh aliran listrik pada jalur dimatikan guna penyempurnaan prasarana. Kemudian pada pertengahan Juni 2023 diharapkan kereta inspeksi sudah mulai diujicobakan dengan kecepatan hingga 300 km/jam. 

"Dari Mei kemarin kita sudah lakukan uji coba menggunakan kereta inspeksi dari 60, 80, 100, 180 km/jam, dan kemarin sudah mencapai 220 km/jam. Akan terus ditingkatkan sampai kecepatan Teknis nya 385 km/jam," jelas Emir. 

Lebih lanjut Emir mengatakan secara keseluruhan progres pembangunan proyek KCJB sudah hampir rampung. Ia menjabarkan, pembangunan Stasiun Halim saat ini sudah mencapai 92%, berikutnya Stasiun Karawang dan Tegalluruar mencapai 93% dan Stasiun Padalarang mencapai 63%. 

"KCIC bersama seluruh stakeholder akan terus melakukan percepatan pembangunan dengan tetap mengutamakan keselamatan untuk dapat menyelesaikan proyek strategis nasional ini sesuai target-target yang telah ditetapkan," tutup Emir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×