kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 naik, Inggris pertimbangkan lakukan lockdown nasional lagi


Sabtu, 31 Oktober 2020 / 14:00 WIB
Kasus Covid-19 naik, Inggris pertimbangkan lakukan lockdown nasional lagi

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - LONDON. Inggris dikabarkan menjadi negara selanjutnya yang akan melakukan lockdown nasional guna menghambat penyebaran virus corona. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pun disebut sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan langkah-langkah penguncian nasional baru mulai minggu depan. 

Mengutip Reuters yang melansir The Times, hal tersebut dilakukan karena kekhawatiran bahwa rumah sakit di Inggris sudah kewalahan dengan kebangkitan kembali kasus Covid-19. 

Pembatasan baru dapat diberlakukan mulai Rabu (4/11) dan tetap berlaku hingga 1 Desember, kata Times.

Johnson diperkirakan akan mengadakan konferensi pers pada hari Senin (2/11) untuk mengumumkan langkah-langkah baru. Mulai dari penutupan kembali semua toko kecuali toko-toko penting dan "pengaturan pendidikan. 

Baca Juga: Ini jaminan AS ke Israel setelah mempercepat penjualan jet tempur F-35 ke UEA

Namun, langkah-langkah baru masih dalam pembahasan, dan belum ada keputusan akhir yang dibuat, tambah Times, mengutip sumber senior pemerintah.

Pejabat Kantor Kabinet tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Pada Jumat (30/10), Inggris melaporkan 24.405 kasus baru Covid-19 dan 274 kematian lebih lanjut dalam 28 hari setelah tes positif. Dengan ini, Inggris mencatat rata-rata lebih dari 20.000 kasus virus corona baru dalam sehari selama seminggu terakhir.

Para ilmuwan pun sudah memperingatkan bahwa infeksi Covid-19 sudah meningkat terus-menerus di Inggris. Jika tidak melakukan sesuatu untuk mengurangi infeksi, skenario dari kasus terburuk, yakni dengan 80.000 kematian dapat terlampaui. 

Saat ini, pemerintah memiliki sistem pembatasan tiga tingkat untuk wilayah lokal di Inggris, dengan Tingkat 3 adalah yang tertinggi. Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara menjalankan kebijakan mereka sendiri dalam memerangi pandemi.

Baca Juga: Mahathir jelaskan maksud pernyataan Muslim berhak membunuh orang Prancis

Pada pembatasan tingkat ketiga, hubungan sosial antar tetangga dilarang, pub dan bar diperintahkan untuk tetap ditutup, resepsi pernikahan tidak diizinkan, dan perjalanan ke atau dari daerah tersebut harus dihindari.

Laporan Times menambahkan bahwa pemerintah juga mempertimbangkan tindakan regional yang lebih keras, yang dikenal sebagai Tier 4, tetapi para menteri dikatakan mendukung kebijakan nasional.

Selanjutnya: Tingkat infeksi corona tertinggi di Eropa, Belgia batasi bisnis dan kehidupan sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×