kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus COVID-19 di China terus menanjak, wabah terparah sejak Wuhan


Rabu, 11 Agustus 2021 / 13:20 WIB
Kasus COVID-19 di China terus menanjak, wabah terparah sejak Wuhan
ILUSTRASI. Para wanita membantu seorang anak laki-laki mengenakan masker di pintu masuk stasiun kereta api, menyusul wabah baru penyakit virus corona atau COVID-19, di Beijing, China, 6 Agustus 2021. REUTERS/Tingshu Wang.

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kasus harian COVID-19 di China mencapai level tertinggi dalam tujuh bulan terakhir pada Selasa (10 Agustus), setelah sebuah kluster di lokasi tes virus mendorong infeksi ketika varian Delta menantang Beijing.

Media Pemerintah China menggambarkan wabah COVID-19 saat ini, yang telah memicu penguncian lokal, pengujian massal, dan pembatasan perjalanan, sebagai yang paling parah sejak virus corona muncul di pusat Kota Wuhan akhir 2019 lalu.

Pihak berwenang China berhasil menurunkan infeksi domestik menjadi hampir nol, memungkinkan kegiatan ekonomi untuk pulih meskipun dengan pembatasan perbatasan yang ketat. Tapi sekarang, kasus COVID-19 meningkat.

Melansir Channel News Asia, pada Selasa, otoritas kesehatan China melaporkan 143 infeksi baru virus corona, dengan 108 di antaranya ditularkan secara lokal. Puluhan kasus berasal dari pusat pengujian COVID-19 di Kota Yangzhou, China Timur.

Sebagai tanda kecemasan atas wabah COVID-19 yang relatif kecil, beberapa pejabat telah mengeluarkan peringatan karena salah menangani pengujian massal, yang menurut otoritas Kota Yangzhou memungkinkan penyebaran virus.

Baca Juga: Sinovac: Vaksin booster meningkatkan antibodi secara signifikan

Otoritas Kota Yangzhou mengatakan, "sejumlah kecil anggota dan kader partai belum menjalankan tugas mereka dengan baik".

Lonjakan kasus COVID-19 terbaru bergulir setelah infeksi di antara petugas kebersihan bandara di Kota Nanjing memicu rantai infeksi virus corona di seluruh negeri tembok raksasa.

Angka kasus pada Selasa adalah yang tertinggi sejak Januari 2021 lalu, ketika China mencatat 144 kasus baru dengan 126 di antaranya infeksi domestik, sebagian besar tercatat di wilayah Utara.

Pihak berwenang sekarang bekerja untuk menopang kepercayaan bahwa kebangkitan terbaru COVID-19 bisa dikendalikan.

"Kami telah berhasil mengatasi epidemi di Guangzhou, dan epidemi di Nanjing secara bertahap dikendalikan," kantor berita Xinhua mengutip pernyataan spesialis penyakit menular Zhang Wenhong.

Selanjutnya: Temuan Inggris: Orang yang telah divaksinasi bisa menularkan varian Delta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×