Kapan BLT Minyak Goreng Rp 300.000 Mulai Disalurkan? Ini Jawabannya

Senin, 11 April 2022 | 10:33 WIB Sumber: Kompas.com
Kapan BLT Minyak Goreng Rp 300.000 Mulai Disalurkan? Ini Jawabannya

ILUSTRASI. BLT Minyak Goreng Rp 300.000 bakal mulai disalurkan pada pekan depan. ANTARA FOTO/Basri Marzuki


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lonjakan harga minyak masih membuat masyarakat resah. Itu sebabnya, pemerintah bakal menyalurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng senilai Rp 300.000.

Melansir KOMPAS.com, BLT Minyak Goreng Rp 300.000 bakal mulai disalurkan pada pekan depan. 

Penyaluran BLT minyak goreng Rp 300.000 pada pekan depan itu disampaikan langsung oleh pihak Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian. 

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (8/4/2022), Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, BLT minyak goreng Rp 300.000 termasuk dalam bansos pangan Kementerian Sosial dan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan (BTPKLWN) oleh TNI dan Polri. 

Susi menambahkan, penyaluran BLT minyak goreng bisa dilakukan mulai pekan depan usai revisi dokumen teknis selesai. 

"Kami rakor untuk revisi dokumen teknis administrasi, mulai dari pedoman umum, dokumen penganggaran, dan lain-lain," kata Susi. 

Baca Juga: Penyaluran Bansos Bisa Menambah Pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga

"Targetnya, minggu depan sudah selesai. Mudah-mudahan BLT minyak goreng sudah mulai bisa disalurkan TNI dan Polri," imbuhnya. 

Susi menegaskan, BLT minyak goreng harus disalurkan sebelum hari raya Idul Fitri 1443 H sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Dalam arahannya, Jokowi meminta penyaluran BLT minyak goreng paling lambat seminggu sebelum Lebaran 2022. Oleh sebab itu, Susi menuturkan, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) teknis dengan TNI dan Polri yang akan menyalurkan BLT minyak goreng kepada masyarakat. 

Dia melanjutkan, rakor juga dilakukan bersama Kemenkeu dan K/L terkait untuk mendorong percepatan penyaluran BLT.

"Program BLT minyak goreng sudah harus tersalurkan pada Ramadhan. Paling lama, kalau bisa satu minggu sebelum Idul Fitri. Artinya, kedua program ini harus betul-betul cepat penyalurannya," ujar Susi. 

Baca Juga: Pos Indonesia Targetkan Penyaluran BLT Minyak Goreng Selesai Seminggu Sebelum Lebaran

Adapun penyaluran BLT minyak goreng dari rumpun bansos pangan Kemensos akan menargetkan 20,65 juta KPM, yang terdiri dari 18,8 juta penerima BPNT Kartu Sembako dan 1,85 penerima yang tidak menerima BPNT. 

Sementara itu, dari rumpun BT-PKLWN akan menyasar 2,5 juta PKL dan pemilik warung, terutama PKL dan warung makanan atau gorengan di 514 kabupaten dan kota di Indonesia. 

Nantinya, setiap KPM akan menerima bantuan Rp 100.000 per bulan selama 3 bulan, yang bakal diberikan sekaligus sebesar Rp 300.000 pada bulan April 2022. 

Perhitungan total pemberian tersebut menggunakan asumsi kebutuhan minyak goreng 0,32 liter per minggu berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). 

Dengan begitu, satu KPM yang terdiri dari empat orang anggota keluarga membutuhkan minyak goreng sekitar 1 liter per bulan. 

"Sehingga besarannya kira-kira Rp 100.000 dikali tiga bulan atau Rp 300.000," pungkasnya. 

(Penulis: Fika Nurul Ulya | Editor: Erlangga Djumena)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BLT Minyak Goreng Rp 300.000 Akan Mulai Disalurkan Pekan Depan"
Penulis : Muhamad Syahrial
Editor : Muhamad Syahrial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru