kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi: Tak apa-apa ekonomi turun, asalkan Covid-19 juga turun


Senin, 01 Februari 2021 / 10:24 WIB
Jokowi: Tak apa-apa ekonomi turun, asalkan Covid-19 juga turun
ILUSTRASI. Joko Widodo meminta para menterinya menghitung secara tepat setiap kebijakan yang diambil untuk menekan kasus Covid-19 agar pelaksanaannya efektif.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam pernyataannya saat memimpin rapat terbatas tentang pendisiplinan melawan Covid-19 di Istana, Bogor, 29 Januari 2021, Presiden Joko Widodo meminta para menterinya menghitung secara tepat setiap kebijakan yang diambil untuk menekan kasus Covid-19 agar pelaksanaannya efektif. 

Pernyataannya itu merujuk pada pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Masyarakat (PPKM), yang belum mampu menekan laju penularan Covid-19. Dia bilang, implementasi kebijakan PPKM belum dilaksanakan secara konsisten. 

"Menurut saya hati-hati ini turun, ekonomi turun, ada PPKM ekonomi turun. Sebetulnya enggak apa-apa (ekonomi turun), asal Covid-nya juga turun. Tapi ini kan enggak,” kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (31/1/2021).

Baca Juga: Jokowi akan kepung vaksinasi corona di Februari dan pertegas pelaksanaan PPKM

Memang, lanjut Jokowi, saat ini tidak ada formula yang efektif dalam menangani Covid-19. Kebijakan negara lain yang sukses menekan kasus Covid-19, belum tentu bisa diterapkan di Indonesia. 

Dia juga menegaskan, bahkan negara yang menerapkan karantina wilayah (lockdown) sekalipun belum tentu berhasil menekan penyebaran Covid-19. 

"Yang lockdown pun, eksponensial juga," kata Jokowi yang merujuk pada kasus Covid-19 yang meningkat. 

Baca Juga: Presiden Jokowi: Kebijakan PPKM tak efektif, segera evaluasi

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta para menterinya mengkalkulasi dengan cermat setiap kebijakan yang akan diambil untuk menekan laju penularan Covid-19. 

“Menurut saya coba dilihat lagi tolong betul-betul dikalkulasi. Betul-betul dihitung sehingga kita mendapatkan sebuah formula yang memang (tepat), formula standar itu enggak ada,” kata Jokowi.

  

Selanjutnya: Jokowi kecewa PPKM tekan ekonomi, tapi tidak menekan kasus Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×