Jokowi Minta Luhut Ikut Urusi Minyak Goreng, Ini Penjelasan Kemendag

Selasa, 24 Mei 2022 | 05:15 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi Minta Luhut Ikut Urusi Minyak Goreng, Ini Penjelasan Kemendag


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tugas baru untuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Luhut diminta ikut membantu pendistribusian minyak goreng.

Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, nantinya peran Luhut akan membantu seperti sutradara yang membantu proses pendistribusian minyak goreng melalui aplikasi milik pemerintah.

Menurut Oke, pemerintah sudah ada sistem aplikasi untuk distribusi minyak goreng lewat SiMirah yang harus memakai KTP. Nah, pemerintah mengembangkan sistem baru lagi atau SiMirahnya diperkuat biar tidak hanya menggunakan KTP tapi pakai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Kata pak Luhut NIK aja, makanya dibantuin. Pak Luhut itu semacam sutradaranyalah tapi pemimpinnya tetap pak Presiden," ujar Oke saat ditemui Kompas.com, Senin (23/5).

Baca Juga: Luhut Panjaitan Mendapat Tugas Baru dari Jokowi, Urusi Masalah Minyak Goreng

Oke mengatakan, Luhut sudah terbukti berpengalaman mengurus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan aplikasi Peduli Lindungi. "Nasional loh PeduliLindungi itu, walaupun motornya di Jawa dan Bali," katanya.

Ia menjelaskan, nantinya pembelian minyak goreng curah murah dilakukan dengan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pembelian, lanjut dia, tidak lagi menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) karena pencatatannya antar distributor bisa tidak saling terhubung. Sedangkan dengan NIK nantinya bisa diketahui seseorang sudah beli di distributor mana saja.

"Jadi kalau NIK kayak PeduliLindungi. Dia beli di sana lalu di situ, akan ketahuan. Itu yang kami sempurnakan, itu kan cita-citanya, " kata Oke.

Baca Juga: Jokowi Optimistis Harga Minyak Goreng Curah Normal Dalam Dua Pekan ke Depan

Penulis : Elsa Catriana
Editor : Akhdi Martin Pratama


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Minta Luhut Bantu Urus Minyak Goreng, Ini Kata Kemendag".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru