Jokowi minta bansos disalurkan awal Januari, demi mendorong pertumbuhan ekonomi

Rabu, 30 Desember 2020 | 05:40 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Jokowi minta bansos disalurkan awal Januari, demi mendorong pertumbuhan ekonomi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo memerintahkan agar bantuan sosial dapat segera disalurkan pada awal Januari 2021. Hal itu disampaikan dalam rapat terbatas yamg juga dihadiri oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini yang baru dilantik sebagai Mensos pada 23 Desember lalu.

"Saya sudah sampaikan ini pada Pak Menko tapi ini ada Bu Mensos, Januari awal harus tersalurkan karena akan memberikan trigger pada pertumbuhan ekonomi," ujar Jokowi saat memberikan pengantar ratas di Istana Merdeka, Selasa (29/12).

Presiden juga menginstruksikan agar mengubah bansos yang sebelumnya diberikan dalam bentuk sembako, terutama di Jabodetabek. Selanjutnya bansos tersebut diminta diberikan dalam bentuk tunai melalui pos atau bank.

"Jadi jangan sampai mundur. Bulan Januari harus sudah bisa dimulai karena ini menyangkut daya ungkit ekonomi, menyangkut daya beli masyarakat, konsumsi rumah tangga, yang kita ingin ini bisa menggerakkan demand atau permintaan," jelasnya.

Baca Juga: Tahun 2021, bansos tunai hanya disalurkan selama empat bulan

Berikutnya, Jokowi juga meminta agar jajarannya memastikan bahwa bansos disalurkan dengan tepat sasaran. Jika diperlukan perbaikan data, pemerintah daerah harus dilibatkan.

"Libatkan daerah dalam melakukan perbaikan-perbaikan data," imbuhnya.

Selanjutnya: Cegah penyelewengan bansos, ini yang akan dilakukan pemerintah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru