kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Bertemu Anwar Ibrahim, Negosiasi Batas Laut Teritorial RI-Malaysia Kelar


Jumat, 09 Juni 2023 / 05:10 WIB
Jokowi Bertemu Anwar Ibrahim, Negosiasi Batas Laut Teritorial RI-Malaysia Kelar

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Malaysia. Dalam kesempatan ini, Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim di kediaman resmi PM Malaysia, di Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, Kamis (8/7).

Pertemuan tersebut membahas sejumlah kerja sama antara Indonesia dan Malaysia di berbagai bidang.

Salah satunya, proses negosiasi batas laut teritorial yang berhasil diselesaikan setelah hampir 18 tahun. Adapun perundingan perbatasan yang telah rampung ialah untuk negosiasi batas laut teritorial di Laut Sulawesi dan Selat Malaka bagian selatan.

"Saya menyambut baik penyelesaian negosiasi batas laut teritorial di Laut Sulawesi dan Selat Malaka bagian selatan setelah 18 tahun proses negosiasi, 18 tahun bisa diselesaikan, Alhamdulillah berkat Dato Seri Anwar Ibrahim," ujar Jokowi dalam Keterangan Pers Bersama di Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/6).

Baca Juga: Jokowi kepada Investor Singapura: Ini adalah Kesempatan Emas yang Sangat Menarik

Dengan selesainya negosiasi perbatasan tersebut, diharapkan proses negosiasi perbatasan lainnya dapat segera diselesaikan dalam waktu dekat. Termasuk perbatasan di Sebatik dan Sinapad-Sesai.

Selain itu, Jokowi turut menyambut baik penyelesaian sejumlah Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua negara. Di antaranya perjanjian lintas batas atau border crossing agreement, perjanjian perdagangan perbatasan atau border trade agreement, sertifikasi halal, dan kerja sama promosi investasi.

Sementara itu, Anwar Ibrahim menyampaikan apresiasi atas pertemuan keduanya karena dapat menyelesaikan isu yang sudah dirundingkan selama berpuluh tahun.

"Saya bangga dengan pimpinan dua negeri ini. Kita dapat selesaikan satu isu yang sudah kita rundingkan selama berpuluh tahun," kata Anwar.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Diaspora Indonesia di Malaysia, Ini yang Disampaikan Zulhas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×