kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jika Harga Bitcoin Stabil selama Dua Pekan, Ini yang Akan Terjadi pada Pasar Kripto


Kamis, 21 Juli 2022 / 04:33 WIB
Jika Harga Bitcoin Stabil selama Dua Pekan, Ini yang Akan Terjadi pada Pasar Kripto
ILUSTRASI. Pakar memprediksi, jika harga bitcoin stabil selama dua minggu ke depan, musim dingin kripto akan berakhir.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Beberapa waktu belakangan, musim dingin kripto menjadi hal yang ramai dibicarakan seiring dengan anjloknya harga mata uang kripto. 

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah kapan musim dingin kripto bakal berakhir? 

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai hal tersebut, ketahui dulu informasi mengenai musim dingin kripto. 

Definisi crypto winter 

Forbes memberitakan, istilah "crypto winter" kemungkinan berasal dari serial hit HBO, "Game of Thrones." 

Dalam pertunjukan itu, moto House of Stark adalah "Winter is coming." 

Itu dianggap sebagai peringatan bahwa konflik abadi bisa turun di tanah Westeros kapan saja. Demikian pula, masalah yang berkepanjangan mungkin terjadi di pasar crypto. 

Selama masa sulit ini, investor harus tetap waspada dan bersiap menghadapi kekacauan yang melanda pasar tanpa banyak peringatan. 

Mendefinisikan frasa secara lebih harfiah, musim dingin kripto adalah saat harga kripto terkontraksi dan tetap rendah untuk waktu yang lama. Analis percaya bahwa roda musim dingin kripto yang muncul telah bergerak lebih awal pada tahun 2022. 

“Pasar crypto sudah merasakan efek dari peristiwa dunia, terutama konflik Rusia-Ukraina yang menyebabkan gejolak dalam keuangan global,” kata Igor Zakharov, CEO DBX Digital Ecosystem. 

Zakharov mencatat bahwa inflasi yang tinggi telah mendorong kenaikan suku bunga di AS, yang merupakan pemain terbesar dalam crypto.  

“Pada saat TerraUSD dan Luna runtuh dan menggerakkan efek domino di dunia kripto, musim dingin kripto telah dimulai,” katanya. 

Sejak November 2021, pasar crypto telah turun 60% —turun drastis dari US$ 3 triliun menjadi kurang dari US$ 1 triliun saat ini.

Prediksi Pasar Kripto

Salah seorang pakar kripto mengatakan, jika harga bitcoin stabil selama dua minggu ke depan, penurunan pasar kripto yang berkepanjangan – juga dikenal sebagai musim dingin kripto – dapat berakhir secepat dimulainya.

Melansir Time.com, hal itu merupakan pendapat Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan pialang Oanda.

Dia mengatakan Wall Street menikmati suasana risk-on yang positif yang merupakan kabar baik bagi kripto. Dia mengatakan pasar crypto mulai terlihat menarik sekarang karena ekonomi terlihat sedikit lebih baik karena ekspektasi untuk pengetatan Fed mereda.

Moya mengacu pada kenaikan pasar saham dalam beberapa hari terakhir, sehingga berhasil menenangkan ketakutan mengenai makroekonomi di kalangan investor. 

Seringkali, kenaikan saham juga akan mengangkat cryptocurrency. Dia mengatakan investor mulai merasa lebih optimis tentang ekonomi, inflasi, dan kenaikan suku bunga, yang merupakan tanda positif untuk aset berisiko. Biasanya, semakin percaya diri investor tentang pasar saham dan lingkungan makroekonomi yang lebih luas, semakin besar risiko yang bersedia mereka ambil.

Baca Juga: Bukan Harga Bitcoin yang Melompat Tinggi, Mata Uang Kripto Ini yang Menang Banyak

Catatan Time.com menunjukkan, harga bitcoin naik di atas level US$ 23.000 pada hari Selasa (19/7/2022). Ini merupakan level tertinggi dalam lebih dari sebulan. 

Ethereum telah naik lebih dari 40% selama beberapa hari terakhir dan diperdagangkan di atas US$ 1.500 pada hari Selasa.

Banyak pakar kripto memprediksi penurunan besar terakhir untuk pasar crypto, dengan harga bitcoin akan bergerak di kisaran US$ 10.000 hingga US$ 14.000. 

Sementara itu masih bisa terjadi, Moya mengatakan jika lebih banyak institusi membeli selama beberapa minggu mendatang, itu dapat memungkinkan titik terendah bitcoin dibuat karena “posisi pasar menjadi ekstrem.”

Kurang dari sebulan yang lalu, crypto berada di tengah-tengah salah satu kehancuran pasar terburuk yang pernah dialaminya. 

Bitcoin dan ethereum turun lebih dari 70% sejak puncak kenaikan tahun lalu. Beberapa perusahaan crypto terkenal, terutama hedge fund Three Arrows Capital dan pemberi pinjaman crypto Celsius, mengajukan kebangkrutan. 

Kapitalisasi pasar industri itu sendiri telah jatuh di bawah US$ 1 triliun, penurunan yang signifikan dari hanya beberapa bulan sebelumnya ketika nilainya mencapai lebih dari US$ 3 triliun.

Baca Juga: Harga Bitcoin Berpotensi Bullish Hingga 2 Pekan ke Depan

Marcus Sotiriou, seorang analis pasar di pialang aset digital GlobalBlock mengatakan, investor masih berharap bahwa guncangan selama beberapa minggu terakhir hampir berakhir. 

"Harga Crypto terdorong naik karena investor mulai merasa lebih bullish terhadap pasar crypto, sebagian berkat reli baru-baru ini di pasar saham di seluruh AS, Eropa, dan Asia," katanya. 

Cryptocurrency, khususnya bitcoin, telah mengikuti pergerakan pasar saham sejak awal tahun.

“Ketika pasar mulai bereaksi positif terhadap berita negatif, ini adalah sinyal bahwa harga terendah lokal bisa masuk untuk saat ini, karena ketakutan mungkin telah menyebabkan berita tersebut diperhitungkan,” kata Sotiriou.

Terlepas dari momentum positif selama beberapa hari terakhir, pasar crypto masih menderita. Baik bitcoin dan ethereum turun lebih dari 50% tahun ini, dan bitcoin mencatat kerugian kuartalan terburuk dalam lebih dari satu dekade antara April dan Juni.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×