Jerman senang, Amerika Serikat batal tarik belasan ribu pasukan

Sabtu, 06 Februari 2021 | 11:55 WIB Sumber: Reuters
Jerman senang, Amerika Serikat batal tarik belasan ribu pasukan

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Pemerintah Jerman menyambut baik langkah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menangguhkan rencana penarikan pasukan dari Jerman, sebagai tanda lain mencairnya hubungan antara Washington dan Berlin.

"Kami selalu yakin bahwa penempatan pasukan Amerika di Jerman melayani keamanan Eropa dan TransAtlantik," kata Steffen Seibert, juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel, Jumat (5/2), seperti dikutip Reuters. 

Dia menambahkan, kerjasama selama puluhan tahun dengan pasukan AS sangat berharga.

Biden pada Kamis (4/2) mengumumkan, pemerintahannya akan menghentikan pengurangan pasukan AS di Jerman, sambil menunggu peninjauan global atas penempatan militer negeri uak Sam oleh Menteri Pertahanan Lloyd Austin.

Baca Juga: Penarikan pasukan AS mengkhawatirkan aliansi NATO

Di bawah Pemerintahan Presiden Donald Trump, Pentagon mengumumkan pada Juli tahun lalu, AS akan menarik sekitar 12.000 dari 36.000 pasukan mereka dari Jerman. Ini sebagai buntut perseteruan lama Trump dengan Berlin karena gagal memenuhi target pengeluaran pertahanan NATO.

Jerman bagian Selatan dan Barat pernah dipenuhi dengan instalasi militer AS. Banyak di antaranya berasal dari akhir Perang Dunia Kedua, ketika sekutu mengalahkan Nazi Jerman.

Jumlah pasukan AS di Jerman sekarang hanya sebagian kecil dari jumlah yang pernah ada di puncak Perang Dingin dengan Uni Soviet.

Namun, Pentagon masih mempertahankan beberapa instalasi penting di Jerman, termasuk Pangkalan Udara Ramstein, yang berfungsi sebagai pintu gerbang bagi pasukan AS ke Eropa dan Timur Tengah.

Selanjutnya: AS tarik 12.000 tentara dari Jerman tapi secara bertahap

 

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru