kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang membutuhkan stimulus baru untuk menghidupkan kembali ekonomi


Jumat, 04 Juni 2021 / 04:00 WIB
Jepang membutuhkan stimulus baru untuk menghidupkan kembali ekonomi

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga kemungkinan akan mengadakan pemilihan cepat setelah Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, sebuah laporan media mengatakan, menunjukkan tekadnya untuk terus maju dengan Olimpiade meskipun negara itu berjuang untuk menahan pandemi COVID-19.

Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menyusun paket stimulus ekonomi baru sebelum pemilihan cepat yang diharapkan, surat kabar Asahi mengatakan pada hari Kamis, mengutip beberapa eksekutif partai berkuasa yang tidak disebutkan namanya.

"Kami tidak memeriksa paket stimulus baru," kata juru bicara pemerintah Katsunobu Kato pada konferensi pers pada hari Kamis.

"Tetapi kami melihat kebutuhan untuk menghidupkan kembali ekonomi ... dan berharap untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan secara fleksibel," katanya, ketika ditanya tentang kemungkinan rencana stimulus baru.

Suga setuju pada hari Rabu dengan kepala mitra koalisinya yang berkuasa untuk tidak memperpanjang sesi parlemen saat ini ketika ditutup pada 16 Juni, menurut laporan media.

Baca Juga: PM Jepang: Olimpiade Tokyo bukan prioritas

Itu berarti Jepang akan berhenti menyusun anggaran tambahan untuk saat ini dan memanfaatkan hampir 4 triliun yen (US$ 36,50 miliar) cadangan yang tersisa untuk membayar pengeluaran segera untuk memerangi pandemi, kata Asahi.

Pejabat hubungan masyarakat pemerintah menolak mengomentari laporan Asahi tentang rencana Suga.

"Jelas kami membutuhkan anggaran tambahan, tetapi parlemen sedang tutup sehingga kami tidak punya waktu untuk meloloskannya," kata anggota parlemen dari partai yang berkuasa Shoji Nishida kepada Reuters pekan lalu.

"Tapi harus ada perdebatan di dalam partai untuk menyusun paket stimulus lain dan anggaran tambahan," katanya.

Suga mengatakan dia akan fokus menangani pandemi, dan bahwa Jepang akan melanjutkan Olimpiade di bawah langkah-langkah perlindungan virus yang ketat.

Beberapa anggota parlemen dari partai yang berkuasa telah meminta pemerintah untuk meningkatkan pengeluaran untuk menghidupkan kembali ekonomi yang dilanda pembatasan darurat untuk mencegah penyebaran virus.

Peluncuran vaksin yang lambat dan oposisi publik yang kuat untuk mengadakan Olimpiade telah menyebabkan penurunan peringkat dukungan Suga, meningkatkan ketidakpastian atas nasib pemerintahannya.

Dengan Olimpiade Tokyo dimulai pada 23 Juli, skenario yang paling mungkin adalah Suga membubarkan parlemen setelah Paralimpiade 5 September berakhir dan mengadakan pemilihan cepat, kata Asahi.

Selanjutnya: Jepang klaim pulau, seruan boikot Olimpiade Tokyo bergema di Korea Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×