kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Ramadan dan Idul Fitri Aman, Mentan: Stok Pangan Insya Allah Aman


Sabtu, 18 Februari 2023 / 10:30 WIB
Jelang Ramadan dan Idul Fitri Aman, Mentan: Stok Pangan Insya Allah Aman

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengeklaim, stok kebutuhan pangan menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tergolong aman.

"Sejauh sepanjang itu dalam hitungan neraca, kita semua aman, termasuk tentu ya komoditi yang bersubstitusi impor kan antara lain kedelai," kata Syahrul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/2/2023).

Syahrul tidak merinci komoditas apa saja yang stoknya disebut aman menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri tersebut.

Baca Juga: Pastikan Pasokan Aman & Tercukupi, Kemendag Pantau Pendistribusian MINYAKITA di DIY

Akan tetapi, ia menyebutkan bahwa pemerintah juga akan mengimpor bawang putih dan daging untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang hari raya. Ia mengatakan, impor tersebut memang setiap tahun dilakukan dan sudah diajukan.

"Sudah (diajukan), itu yang tadi dalam neraca kita kan masuknya importasi itu ya tentu saja masih dalam on the track, Ramadhan dan Idul Fitri saya yakin aman lah insya allah," kata Syahrul.

Dalam kesempatan yang sama, Syahrul juga menyampaikan bahwa panen raya beras akan dimulai pada Februari 2023 dan mencapai puncaknya pada awal Maret 2023 pekan depan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kata Syahrul, ada lebih dari 1 juta hektar lahan yang panen pada Februari 2023 dan 1,9 juta hektar lahan pada Maret 2023. Ia menyebutkan, angka produksi beras pada puncak panen raya diestimasikan mencapai 5,9 juta ton.

"Walaupun dengan berbagai varietas yang kita pakai sekarang sudah lebih dari itu, tetapi kita pakailah (estimasi) yang terendah 5,9 (juta ton) data BPS," ujar mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu.

Baca Juga: Lewat Korporatisasi Petani, MenkopUKM Ingin Hilangkan Peran Tengkulak

Akan tetapi, Syahrul mengaku tidak bisa memastikan apakah panen raya tersebut dapat menekan harga beras yang melonjak dalam beberapa waktu terakhir.

"Tentu saja ini akan kembali ke pelaku perdagangan dan ya kita berharap tentu saja harganya tidak boleh terlalu turun juga karena ini berkaitan dengan kepentingan petani, tapi tidak boleh terlalu tinggi juga," kata Syahrul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mentan Sebut Stok Pangan Jelang Ramadhan-Lebaran Aman"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×