Nasional

Jelang pendaftaran SNMPTN, kenali perbedaan D4 dan S1

Senin, 01 Februari 2021 | 20:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jelang pendaftaran SNMPTN, kenali perbedaan D4 dan S1

KONTAN.CO.ID -  Bagi siswa kelas 12, mungkin sekarang sedang dibingungkan antara memilih D4 atau S1. Tidak sedikit siswa yang ragu memilih karena masih tidak tahu informasi tentang dua program pendidikan tinggi ini.

Jika masih bingung memilih mana yang akan didaftar, bisa menyimak penjelasan tentang D4 dan S1 berikut ini dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). 

Pengertian dari S1, menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pendidikan Tinggi, adalah pendidikan akademik yng menyiapkan mahasiswa nenjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional. 

Sedangkan Diploma Empat atau D4 adalah pendidikan vokasi yang menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi yang terampil untuk memasuki dunia kerja sesuai keahliannya. 

Persamaan D4 dan S1

Melansir unggahan di Instagram Ditjen Dikti (29/31/2021), D4 setara dengan S1. Menurut Perpes Nomor 8 Tahun 2021 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau KKNI, penyetaraan ini didasarkan capaian pembelajaran yang dihasilkan oleh program D4 dan S1. 

Baik S1 maupun D4 juga memiliki kesamaan dalam lama studinya. Mahasiswa yang memilih salah satu program ini bisa menempuh pendidikan maksimal tujuh tahun. 

Beban studi yang diterima minimal 144 Satuan Kredit Semester atau SKS. Ketentuan ini mengacu pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

Baca Juga: UGM juara, ini daftar 10 universitas negeri terbaik di Indonesia versi Webometrics

Perbedaan D4 dan S1

Meskipun setara dan memiliki lama studi yang sama, dua program pendidikan tinggi ini tetap memiliki perbedaan. D4 dan S1 dirancang untuk mendapatkan capaian pembelajaran yang berbeda. Hal ini menyebabkan kompetensi dan keterampilan yang dihasilkan berbeda. 

Lulusan S1 diarahkan untuk mampu menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan di bidang tertentu. Mereka diharapkan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidang keahliannya. 

Lulusan S1 juga diarahkan mampu bersikap dan berperilaku dalam kehidupan bersama masyarakat. Untuk lulusan D4, mereka diarahkan agar memiliki kemampuan dasar profesional keterampilan manajerial. 

Mereka juga mampu mengikuti perkembangan, pengetahuan, dan teknologi di dalam bidang tertentu. Singkatnya, S1 memiliki porsi pembelajaran teori lebih banyak dibandingkan praktek. Sebaliknya, D4 memiliki beban pembelajaran praktik lebih banyak dibanding teori. 

Perbedaan D4 dan S1 berikutnya dalah gelar yang didapat setelah lulus.  Saat sudah lulus, mahasiswa S1 akan mendapatkan gelar sarjana seperti S.H (Sarjana Hukum) atau S.Kep (Sarjana Keperawatan). Sedangkan lulusan D4 akan mendapatkan gelar sarjana terapan seperti S Tr.T (Sarjana Terapan Teknik).

Selanjutnya: Simak 20 PTN paling diminati di SNMPTN 2020, referensi untuk tahun ini

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru