kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,43   10,04   1.11%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Pemilu, Kremlin Gelar Program Undian untuk Keluarga Rusia


Jumat, 27 Oktober 2023 / 10:24 WIB
Jelang Pemilu, Kremlin Gelar Program Undian untuk Keluarga Rusia
ILUSTRASI. Kremlin dikabarkan akan meluncurkan program pengundian nasional yang ditujukan untuk keluarga-keluarga Rusia. Sputnik/Ramil Sitdikov/Kremlin via REUTERS

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Situs berita independen Meduza melaporkan pada hari Rabu (25/10/2023), Kremlin berencana untuk mendongkrak dukungan terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin menjelang pemilu tahun depan. 

Salah satu caranya dengan meluncurkan program pengundian nasional yang ditujukan untuk keluarga-keluarga Rusia.

Melansir Moscow Times, sebuah sumber yang dekat dengan Kremlin, dua pejabat tinggi regional dan seorang anggota senior partai berkuasa Rusia Bersatu, menggambarkan pengundian – yang dijuluki “It's a Family Thing” – sebagai “proyek latar belakang” pemilihan presiden Rusia.

“Ini pada dasarnya adalah kampanye dan propaganda tidak langsung untuk mengisi ruang informasi guna mengarahkan masyarakat pada pilihan yang tepat [untuk memilih Putin],” kata seorang ahli strategi politik yang tidak disebutkan namanya kepada Meduza.

Dia menambahkan, “Proyek latar belakang seperti itu membantu memperluas optimisme sosial,” tambah ahli strategi tersebut. 

Menurutnya, program “It's a Family Thing” bertujuan untuk menunjukkan bahwa Rusia bergerak ke arah yang benar meskipun negara tersebut mengalami tekanan ekonomi akibat perang di Ukraina dan sanksi Barat.

Baca Juga: Rusia Klaim Berhasil Lakukan Uji Serangan Nuklir Melalui Darat, Laut dan Udara

Putin diperkirakan akan segera mengumumkan upayanya untuk mencalonkan diri kembali setelah banyak kritik terhadap perubahan konstitusi yang dibuat pada tahun 2020 yang memungkinkannya mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima dan keenam.

Menurut Meduza, panitia penyelenggara program “It's a Family Thing”  dipimpin oleh wakil kepala staf Kremlin, Sergei Kiriyenko.

Program tersebut diselenggarakan langsung oleh kepala proyek publik Kremlin, Sergei Novikov.

Meskipun secara resmi tidak ada hubungannya dengan pemilu tahun 2024, outlet tersebut mencatat bahwa menurut Meduza bertepatan dengan tanggal-tanggal penting kampanye Putin. 

Hal ini dilaporkan termasuk peluncuran program undian pada 4 November, yang bertepatan dengan diselenggarakannya pembukaan sebuah forum yang kabarnya akan menampilkan pencapaian Rusia di bawah pemerintahan Putin.

Kontestan lotere diharapkan melakukan sejumlah tugas online, yang mencakup memasak, menyanyi, aksi kebaikan dan membuat kronik virtual keluarga mereka.

Pemenangnya akan menerima 30 sertifikat perumahan senilai masing-masing 5 juta rubel ($53.500) dan 300 perjalanan keliling Rusia, serta hadiah lainnya.

Penyelenggara mengatakan lebih dari 400.000 orang, termasuk 70.000 keluarga, telah mendaftar untuk mengikuti undian sejauh ini. 

Sumber Meduza mengatakan angkanya bisa mencapai setengah juta pada saat batas waktu pendaftaran tiba pada 4 November.

Baca Juga: Telepon Putin, Erdogan Sampaikan Kritik Pedas untuk Negara-Negara Barat Soal Gaza

Meduza menambahkan bahwa outlet berita dan pejabat daerah telah diminta untuk mempromosikan acara tersebut, dan pejabat lokal diberitahu bahwa kontes tersebut “terkait dengan pemilu.”

Mengutip Euronews, Kremlin baru-baru ini meluncurkan kampanye besar-besaran untuk meyakinkan generasi muda Rusia bahwa pemilu mendatang akan berlangsung bebas dan adil, meskipun ada kekhawatiran lama mengenai pemerintahan otokratisnya yang semakin meningkat sejak invasi Ukraina pada Februari 2022.

Kritik terhadap Putin semakin banyak dibungkam selama bertahun-tahun. Dan sebagian besar oposisi politik kini hanya menjadi negara semu.

Basis dukungan tradisional Putin adalah kelompok paruh baya dan lanjut usia, pensiunan, pegawai negeri, pekerja di perusahaan milik negara, dan perempuan. 

Sementara kelompok liberal, pemilih muda, serta mereka yang berada di Moskow dan Saint Peterburg cenderung lebih kritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×