Ekonomi

Jelang Lebaran, BNI siapkan uang tunai Rp 12,9 triliun per minggu

Jumat, 07 Mei 2021 | 07:50 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Jelang Lebaran, BNI siapkan uang tunai Rp 12,9 triliun per minggu

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna memenuhi kebutuhan lebaran, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12,9 triliun per minggu. Dengan jumlah uang tunai tersebut, BNI memperkirakan akan dapat memenuhi kebutuhan yang berpotensi meningkatkan selama bulan Ramadhan hingga liburan Lebaran tahun ini.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI YB Hariantono bilang Perseroan akan mengalokasikan uang tunai tersebut untuk memenuhi kebutuhan dana pada mesin ATM BNI, yang diperhitungkan mencapai sebesar Rp 8,57 triliun.

Uang tunai tersebut juga akan menutup tambahan kebutuhan uang tunai di outlet–outlet kami, dimana pada musim libur Lebaran kali ini diperkirakan mencapai Rp 4,34 triliun,” ujarnya secara virtual pada Kamis (6/5).

Baca Juga: Ini syarat jika ingin ajukan kredit tanpa agunan di Bank Permata

BNI juga memperkuat layanan digitalnya seiring dengan perilaku nasabah dan masyarakat yang berubah menjadi sangat tergantung pada layanan elektronik selama Pandemi yang  telah melanda Tanah Air selama lebih dari setahun ini. Penguatan layanan digital tersebut dilakukan dengan menambah berbagai berbagai fitur digital channel sehingga semakin mempermudah transaksi selama masa libur Lebaran.  Salah satu, produk digital yang menjadi andalan adalah BNI Mobile Banking.  

“Sebagai product champion BNI saat ini, BNI Mobile Banking dilengkapi fitur yang dapat memudahkan masyarakat dalam berbagi berkah pada momen sebesar Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat dapat menggunakan fitur TRANSFER, dimana mereka dapat mengirimkan uang baik ke sesama rekening BNI ataupun ke rekening bank lain,” jelas Hariantono. 

Selain itu, masyarakat juga dapat berbagi dengan melakukan pembayaran Zakat/ Infaq/ Shadaqah/ Wakaf melalui fitur Pembayaran di BNI Mobile Banking. Terdapat juga fitur baru yaitu DiKado dimana masyarakat dapat berbagi dengan mengirimkan digital kado yang disertai dengan kartu ucapan. 

“Kadonya pun beragam, dapat dipilih seperti transfer uang tunai (antar BNI atau antar bank), top up GoPay/ LinkAja, top up pulsa, hingga tarik tunai, tanpa kartu (Mobile Tunai),” ujar Hariantono. 

Baca Juga: Bank besar asing berencana mengakuisisi Bank Prima Master

Melalui fitur DiKado ini, masyarakat dapat memilih kartu ucapan sesuai momen spesial, seperti kartu ucapan bertemakan Hari Raya Idul Fitri yang dituliskan untuk orang terkasih. Setelah transaksi, masyarakat dapat langsung SHARE kartu ucapan melalui aplikasi chatting di smartphone miliknya.

Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir menuturkan, demi memaksimalkan layanan, BNI tetap membuka 197 outlet-nya pada masa libur cuti Bersama  Idul Fitri 2021, yaitu pada tanggal 12 Mei 2021. Begitu juga sebanyak 24 outlet kembali beroperasi secara terbatas pada tanggal 14 Mei 2021. Seluruh outlet BNI hanya tutup operasi pada tanggal 13 Mei 2021. 

Pada saat operasional terbatas, outlet yang beroperasi akan tetap memberikan layanan pembayaran pajak, hingga melayani setoran Pertamina.    

“Nasabah tetap dapat menikmati layanan dan bertransaksi melalui berbagai fitur digital channel kami yang tetap beroperasi selama masa cuti bersama tersebut, seperti dapat melakukan penarikan tunai 7x24 jam di seluruh ATM/CRM (Cash Recycle Machine) BNI, SMS Banking, Internet Banking, serta memaksimalkan manfaat BNI Mobile Banking,” pungkas Ronny.  

Selanjutnya: OJK: Restrukturisasi pembiayaan multifinance capai Rp 173,04 triliun hingga April

 

Editor: Tendi Mahadi
Tag
Terbaru