kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Januari 2022, Kredit UMKM Perbankan Melesat 13,3% yoy


Sabtu, 05 Maret 2022 / 07:15 WIB
Januari 2022, Kredit UMKM Perbankan Melesat 13,3% yoy

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan tancap gas menyalurkan kredit UMKM pada awal tahun. Data Bank Indonesia menunjukkan penyaluran kredit ke segmen ini tumbuh 13,3% year on year (yoy) menjadi Rp 1.140,6 triliun pada Januari 2022. 

Kinerja kredit UMKM ditopang oleh segmen mikro yang tumbuh 73,2% yoy menjadi Rp 374,6 triliun. Sedangkan berdasarkan jenis penggunaannya ditopang oleh pertumbuhan kredit modal kerja yang tumbuh 18,7% yoy menjadi Rp 877,3 triliun. 

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyatakan penyaluran kredit BRI secara umum tumbuh 7,3% yoy di Januari 2022.. Khusus untuk kredit mikro tumbuh mencapai 14% yoy. 

Fokus penyaluran kredit BRI ke depan adalah di segmen UMKM khususnya di sektor pertanian, industri pengolahan, perdagangan, aktivitas jasa keuangan, real estate, aktivitas kesehatan dan kesenian hiburan.

BRI akan terus fokus terhadap pemberdayaan UMKM salah satunya melalui pembiayaan.  Sebagai informasi, hingga akhir kuartal IV 2021 tercatat portofolio kredit UMKM sebesar 83,86% dibandingkan dengan total penyaluran kredit BRI. Proporsi kredit UMKM BRI akan terus didorong naik hingga mencapai 85%. 

Baca Juga: BRI Bagikan Dividen Rp 26,4 T, Erick Thohir: Ini Bukti Kesuksesan Holding Ultra Mikro

Strategi BRI untuk memberdayakan dan mengembangkan segmen UMKM ada 2. Pertama adalah dengan menaik kelaskan nasabah existing, dengan melakukan berbagai program edukasi dan pendampingan. 

Kedua adalah dengan menyasar segmen yang lebih kecil, yakni ultra mikro sebagai pertumbuhan baru. Dengan go smaller, go shorter, go faster, BRI akan mampu menyasar segmen yang lebih kecil, dengan proses yang lebih cepat dan efisien dengan adanya digitalisasi. 

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi AS Aturridha menyatakan total penyaluran kredit Bank Mandiri ke segmen UMKM telah mencapai Rp 103,93 triliun secara bank only pada Januari 2022. "Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 17,83% bila dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya atau year on year (YoY)," papar Rudi

Bank Mandiri memproyeksi pertumbuhan di segmen UMKM akan terus membaik sejalan dengan momentum pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Adapun, dalam upaya mendorong UMKM, Bank Mandiri telah menyiapkan beberapa strategi. 

"Antara lain, memperluas jangkauan layanan kredit UMKM melalui jaringan cabang, e-channel dan mandiri agen serta perbaikan proses bisnis. Kami juga telah mendorong bisnis UMKM secara non organik melalui berbagai kerjasama dengan perusahaan anak, e-commerce, maupun financial technology," jelasnya.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

×