Jangan Sampai Batal Mudik, Tiket Kereta Sudah Bisa Dipesan!

Jumat, 01 April 2022 | 11:10 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan Sampai Batal Mudik, Tiket Kereta Sudah Bisa Dipesan!


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiket Kereta Api (KA) untuk mudik Lebaran sudah bisa dipesan. Hal tersebut diumumkan langsung oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Tiket kereta untuk mudik pada masa Angkutan Lebaran 1443 H ini bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.  

Diketahui juga bahwa KAI telah menerapkan peraturan penjualan tiket KA jarak jauh itu mulai dari H-30 sebelum hari keberangkatan. 

Per 1 April 2022, KAI diketahui akan menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan agar masyarakat bisa membeli tiket untuk 1 April sampai 2 Mei 2022 hingga seterusnya.  

Menurut Vice President Public Relation KAI Joni Martinus, perubahan ini dibuat agar masyarakat bisa merencanakan perjalanan dengan KA pada masa angkutan lebaran. 

Baca Juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Dijual, Ini Tanggal Merah & Libur Bersama Idul Fitri 2022

Jangan sampai gagal mudik 

Pihak KAI juga mengimbau kepada calon penumpang agar lebih teliti lagi dalam memasukkan tanggal, data diri, hingga memilih rute dalam melakukan pemesanan.  

Pemesanan tiket harus dilakukan dengan baik, termasuk soal estimasi perjalanan menuju stasiun agar tidak ada kekeliruan yang membuat penumpang gagal mudik Lebaran.  

“KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan,” jelas Joni dalam press rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (31/3/2021). 

Baca Juga: Cek Ketersediaan Tiket Kereta Api untuk Lebaran dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir

Masa angkutan lebaran kereta api 

Lebih lanjut KAI juga telah menetapkan bahwa masa Angkutan Lebaran dimulai pada H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau dari 22 April hingga 13 Mei 2022.  

Untuk periode tersebut KAI akan memprogramkan perjalanan kereta per hari rata-rata adalah 401 KA. 

Adapun kapasitas tempat duduk yang disediakan per harinya rata-rata ada sebanyak 216.608 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal. 

Semua itu telah disesuaikan dengan peraturan pemerintahan mengenai kapasitas KA Jarak Jauh yakni 100 persen, sedangkan KA Lokal sebesar 70 persen.  

Hingga saat ini, tepatnya Kamis (31/3/2022), KAI sudah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 sampai dengan 30 April. Tiket yang telah terjual itu adalah 15 persen dari total tiket yang disedikan oleh KAI untuk mudik Lebaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiket Kereta Mudik Lebaran Bisa Dipesan, 15 Persen Sudah Terjual"
Penulis : Desi Intan Sari
Editor : Anggara Wikan Prasetya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru