kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,14   0,84   0.09%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jambore Pramuka Dunia Kacau Balau, Apa yang Terjadi di Korea Selatan?


Kamis, 10 Agustus 2023 / 11:38 WIB
Jambore Pramuka Dunia Kacau Balau, Apa yang Terjadi di Korea Selatan?
ILUSTRASI. Ini gambaran sekilas mengenai acara Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan yang pelaksanaannya dinilai kacau balau. Yonhap via REUTERS

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAMBORE PRAMUKA DUNIA - Ini gambaran sekilas mengenai acara Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan yang pelaksanaannya dinilai kacau balau. 

Tempat sampah yang meluap, toilet kotor, hingga banyaknya serangga di sejumlah area.

Melansir Reuters, kondisi inilah yang harus dihadapi oleh sekitar 40.000 pramuka remaja dalam seminggu terakhir di Jambore Pramuka Dunia. Kondisi tersebut membuat penyelenggara berwajah merah di Korea Selatan dan mereka bergegas untuk memperbaiki masalah sebelum topan datang dan memaksa semua orang meninggalkan perkemahan naas itu. 

Acara tersebut, pertemuan pramuka global pertama sejak pandemi, dihadiri oleh perwakilan dari 155 negara dengan Korea Selatan sebagai tuan rumah.

Korea Selatan sendiri pernah menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas dan musim dingin serta Piala Dunia sepak bola FIFA.

Akan tetapi, dokumen perencanaan dan wawancara dengan peserta dan pejabat pemerintah menunjukkan bahwa bahkan tanpa tantangan yang ditimbulkan oleh cuaca - acara diadakan di tengah serangan gelombang panas - jambore dirusak oleh peringatan yang tidak diindahkan dan persiapan yang tidak memadai.

Baca Juga: Tingkat Pengangguran Korea Selatan Naik ke Level Tertinggi dalam 6 Bulan

Menurut tinjauan Reuters atas laporan pemerintah yang tersedia untuk umum, kembali ke tahun 2017, ketika Korea Selatan memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah jambore, perkemahan di dataran lumpur reklamasi dipandang berpotensi bermasalah.

Salah satu laporan menunjukkan bahwa pejabat dari Badan Pengembangan dan Investasi Saemangeum, sebuah organisasi pemerintah yang mengembangkan area perkemahan, telah meminta tempat teduh dan toilet yang cukup untuk didirikan setelah mengunjungi Jambore Pramuka Dunia 2019 di Virginia Barat untuk mempelajari lebih lanjut tentang acara tersebut. 

"Itu terletak di lapangan tanpa pohon sehingga perlu dibuat naungan dan tempat berlindung untuk menghindari panas demi keselamatan peserta," kata laporan itu. 

"Juga harus ada toilet dan kontrol bau yang cukup untuk tidak merusak kredibilitas nasional," tambahnya.

Baca Juga: Presiden Minta Jajaran Pantau Situasi Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

Namun, dalam laporan yang diterbitkan pada tahun 2018 dan 2020, perencana provinsi Jeolla Utara menemukan bahwa rencana awal untuk menanam "hutan yang subur" di lokasi perkemahan tidak mungkin dilakukan karena tanahnya terlalu asin. 

Seorang pejabat provinsi mengatakan mereka telah membuat terowongan yang terbuat dari tanaman rambat untuk membantu mendinginkan daerah tersebut, tetapi kemudian mengakui bahwa hal itu tidak cukup.



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×