Jajaran Mobil Termahal di GIIAS 2022, Ada yang DIbanderol Rp 7,7 Miliar!

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:33 WIB Sumber: Kompas.com
Jajaran Mobil Termahal di GIIAS 2022, Ada yang DIbanderol Rp 7,7 Miliar!

ILUSTRASI. Di ajang pameran GIIAS 2022, dipamerkan jajaran mobil dengan teknologi terbaru yang canggih. Beberapa di antaranya produksi Porsche. REUTERS/Arnd Wiegmann


KONTAN.CO.ID - TANGERANG. Di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, beragam sajian menarik turut dihadirkan.  

Satu di antaranya, jajaran mobil dengan teknologi terbaru yang canggih, seperti bertenaga listrik yang dipasok sepenuhnya dari baterai, bermesin buas, sampai pembuatan desain yang memakai material khusus. 

Seiring dengan hal tersebut, tentu saja harga pasaran yang ditawarkan pada kendaraan dimaksud tak bisa dibilang murah. Bahkan, ada yang mencapai Rp 7,7 miliar yaitu Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid. 

Dirangkum redaksi Kompas.com, berikut enam mobil berpenumpang dengan harga termahal di ajang GIIAS 2022 yang dihelat selama 11-21 Agustus 2022 di Indonesia Convention Center (ICE) BSD City, Tangerang:

1. Kia EV6 GT-Line 

Kendati belum dijual secara resmi oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai agen pemegang mereknya, kendaraan listrik murni ini sudah bisa dipesan dengan kisaran harga Rp 1,2 miliar. 

Banderolan tersebut, bisa jadi berubah saat waktu peluncurannya pada kuartal pertama tahun depan, entah lebih murah ataupun lebih mahal. Tapi dipastikan bagi yang sudah melakukan pemesanan awal bakal dapat unit di kuartal I/2023. 

Adapun suatu hal yang jadi kelebihan dari EV6 GT-Line ialah baterainya yaitu sebesar 77,4 kWh. Disalurkan lewat dua motor listrik ke depan dan belakang, mobil mampu menghembuskan tenaga sampai 320,5 tk. 

Baca Juga: Honda Prospect Motor (HPM) akan Produksi Mobil Hybrid Tahun Depan

2. Lexus UX 300e 

Memiliki banderol mirip-mirip, Lexus UX 300e yang sudah resmi menjadi mobil delegasi dalam KTT G20, termasuk dalam jajaran kendaraan roda empat yang memiliki harga tertinggi di GIIAS 2022. 

Dibekali permanent magnet motor yang merupakan mesin motor listrik pertama Lexus dengan tenaga 200 Tk dan torsi 300 Nm, mobil ini diharga Rp 1,2 miliar on the road (OTR) untuk pasar dalam negeri. 

Menariknya, dengan banderolan itu banyak teknologi modern dan mewah yang siap untuk memudahkan pengendaraan seperti perangkat keselamatan Lexus Safety System +. 

3. BMW iX xDrive40 

Menjadi salah satu mobil yang diluncurkan secara spesial di ajang GIIAS 2022 dan hanya punya satu varian, BMW iX di pasar Indonesia dhargai Rp 2,3 miliar on the road (OTR) DKI Jakarta. 

Mobil ini adalah Sport Activity Vehicle modern yang dirancang secara cerdas untuk menghadirkan interior modern yang nyaman, luas dan kemewahan minimalis. Pada varian xDrive40, kendaraan tersebut mampu menghembuskan tenaga lebih dari 326 dk dan bisa berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 6,1 detik. 

Untuk jangkauan jaraknya pada keadaan baterai penuh, mencapai 420 km. 

Baca Juga: Kontribusi OLX Autos dalam Mendorong Industri Otomotif Indonesia melalui GIIAS 2022

4. Audi Q7 

Hadir dengan tampilan baru, Audi Q7 jadi salah satu kendaraan mewah yang menyita perhatian pengunjung. Sebab berbagai aspek telah diubah seperti pada grill, ground clerance, interior, sampai fiturnya. 

Hanya ditawarkan dalam satu varian yaitu The New Audi Q7 3.0 TFSI Quattro, mobil menyuguhkan jantung pacu berbahan bakar bensin V6 berkapasitas 3.0 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 340 tk dan torsi 500 Nm. 

Memiliki enam pilihan warna, mobil ini dihargai Rp 2,192 off-the road (belum ditambah pajak berlaku). 

5. Porsche Taycan Turbo S 

Dua mobil paling mahal yang meramaikan pameran otomotif GIIAS 2022 datang dari Porsche melalui model Taycan Turbo S dan Cayenne Turbo S E-Hybrid. Bisa dites langsung pada area yang tersedia, mobil listrik murni asal Jerman ini dibanderol Rp 2,5 miliar sampai Rp 6 miliar. 

Perbedaan harga tergantung pada permintaan penggunaan material tertentu pada bagian eksterior dan interior. Pada lembar spesifikasinya, Porsche Taycan Turbo S dibekali dengan baterai 93,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 623 hp dan torsi maksimal 940 Nm. 

Tenaga dan torsi tersebut dialirkan secara linear ke seluruh roda melalui transmisi otomatis dua speed. Meski demikian, Porsche Taycan Turbo S ini masih menyediakan fitur Launch Control yang mampu memaksimalkan torsi hingga 1.050 Nm.

Baca Juga: Pasar Otomotif Indonesia Makin Dilirik, Chery Siap Bangun Pabrik di Indonesia

6. Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid 

Sementara untuk model Cayenne Turbo S E-Hybrid, saat ini dibanderol Rp 7,7 miliar di pasar domestik. Dibawa secara utuh dari Jerman, mobil dibekali baterai berkapasitas gross 17,9 kWh yang mengalami peningkatan jangkauan listrik hingga 30 persen dari model sebelumnya. 

Diukur sesuai dengan siklus NEDC (ECE-R101), mobil mampu menempuh jarak hingga 40 km tanpa emisi. Soal tenaganya, motor listrik di Cayenne E-Hybrid mampu menghasilkan 136 dk dan 400 Nm. Dibarengi dengan mesin konvensional V6 turbo 3.000 cc yang punya tenaga 340 dk, maka total tenaga yang dimilikinya ialah 462 dk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Mobil Termahal di GIIAS 2022, Paling Mahal Tembus Rp 7,7 Miliar"
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru