Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Siapkan 6 Stadion Ini

Kamis, 22 September 2022 | 11:30 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Siapkan 6 Stadion Ini

ILUSTRASI. Foto aerial Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Jakabaring Sport City. Progres renovasi salah satu stadion untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang Piala Dunia U-20 tahun depan. Rencananya, ajang sepak bola bergengsi ini bakal dihelat pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang.

Melansir indonesia.go.id, Piala Dunia U-20 merupakan putaran final khusus bagi tim nasional sepak bola dengan para pemain berusia maksimal 20 tahun. Turnamen ini diikuti oleh 24 negara yang lolos dari saringan babak kualifikasi di konfederasi masing-masing. 

Lewat turnamen ini selalu lahir anak-anak muda ajaib (wonderkid) yang kemudian menjelma sebagai superstar di lapangan hijau. Beberapa di antaranya adalah mendiang Diego Armando Maradona. Bintang besar Argentina ini lahir dari Piala Dunia U-20 1979 di Jepang. Maradona adalah perebut gelar Pemain Terbaik dan urutan kedua Pemain Tersubur saat itu.

Kemudian ada Lionel Messi, perebut titel Pemain Terbaik dan Pemain Tersubur ketika Piala Dunia U-20 2005 di Belanda. Lalu, ada nama Paul Pogba (Prancis), Pemain Terbaik Piala Dunia U-20 2013 di Turki.

Masih ada pemain dunia paling bersinar saat ini, Erling Braut Haaland (Norwegia). Andalan Manchester City itu adalah Pemain Tersubur saat Piala Dunia U-20 2019 di Polandia dengan koleksi sembilan gol. 

Hingga saat ini, sudah sembilan negara memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 termasuk Indonesia yang otomatis menjadi salah satu peserta karena sebagai tuan rumah. Delapan lainnya adalah Amerika Serikat, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Inggris, Prancis, Italia, Israel, dan Slovakia.

Baca Juga: Siapa Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 Tahun 2023 di Indonesia?

Pemerintah siapkan 6 stadion

Informasi saja, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 edisi ke-23 setelah melalui sidang Dewan FIFA di Shanghai, Tiongkok, pada 24 Oktober 2019. Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara setelah Malaysia di 1997 atau negara ketujuh di Asia yang menggelar ajang ini. 

Semula, Piala Dunia U-20 akan diadakan di 2021. Namun, karena tingginya kasus Covid-19, pada 24 Desember 2020 FIFA memutuskan untuk menundanya ke 2023.

Indonesia berhasil terpilih dan menyisihkan kandidat-kandidat lainnya seperti Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Brasil, Peru, Myanmar, dan Thailand.

Sebagai tuan rumah, Indonesia pun sudah mengajukan enam stadion di enam kota untuk menggelar pertandingan dan telah disetujui oleh FIFA. 

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023, Ini Permintaan Jokowi

Seperti tertuang di dalam Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2020, enam stadion tersebut yaitu: 

1. Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta
2. Stadion Si Jalak Harupat Bandung (Jawa Barat)
3. Stadion Manahan Solo (Jawa Tengah)
4. Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (Jawa Timur)
5. Stadion I Wayan Dipta Gianyar (Bali)
6. Stadion Gelora Sriwijaya Palembang (Sumatra Selatan)

Demi menyukseskan acara tersebut, Presiden Joko Widodo pun memerintahkan kepada menteri-menterinya untuk merenovasi keenam venue tadi. Tujuannya agar stadion tersebut layak menjadi lokasi merumputnya para wonderkid dari lima benua. 

Hal itu terungkap dari rapat kabinet terbatas soal pesiapan Piala Dunia U-20 2023 yang diadakan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

"Presiden meminta kami segera memperbaiki karena ada batas waktu, kira-kira Oktober akan dilihat oleh FIFA," ujar Menpora yang juga Ketua Pelaksana Panitia Nasional Piala Dunia U-20 2023 (INAFOC).
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru