kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,69   -8,68   -0.88%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi Korban Gempa Turki, Suriah Minta Bantuan Israel Meski Bermusuhan


Selasa, 07 Februari 2023 / 05:20 WIB
Jadi Korban Gempa Turki, Suriah Minta Bantuan Israel Meski Bermusuhan

Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JERUSALEM. Suriah terimbas gempa dahsyat di Turki. Israel mengaku telah menerima permintaan dari Suriah agar memberikan bantuan gempa bumi untuk negara Arab tersebut.

Israel pin siap untuk memenuhi permintaan tersebut, sebuah kerja sama yang jarang terjadi antara musuh bertetangga itu.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan dalam pidatonya bahwa dia telah memerintahkan bantuan Israel dikirim ke Turki, pusat gempa, dengan pengangkutan udara dan berangkat menjelang malam.

"Karena permintaan juga diterima untuk melakukan ini bagi banyak korban gempa di Suriah, saya menginstruksikan untuk melakukan ini juga," katanya dalam sebuah upacara di sebuah rumah sakit dekat Tel Aviv seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Dampak Gempa Turki, Lebih dari 20 WNI Belum Bisa Dihubungi KBRI, Berikut Perinciannya

Dalam pidato yang disiarkan televisi kemudian kepada partainya, Netanyahu mengatakan permintaan bantuan kemanusiaan untuk Suriah telah disampaikan "oleh seorang pejabat diplomatik" - yang tidak disebutkan namanya.

"Saya menyetujui ini, dan saya rasa hal ini akan segera dilakukan," kata Netanyahu.

Pejabat Suriah telah melaporkan ratusan orang tewas di negara yang dilanda perang saudara, baik di daerah di bawah kendali Damaskus maupun di barat laut yang dikuasai oposisi.

Ditanya siapa yang mengajukan permintaan mengenai Suriah yang dikutip oleh Netanyahu, seorang pejabat Israel mengatakan kepada Reuters: "Orang-orang Suriah".

Ditanya apakah ini merujuk pada anggota oposisi atau pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, pejabat itu hanya menjawab: "Suriah".

Tidak ada tanggapan langsung Suriah terhadap pernyataan Israel.

Penyiar publik Israel Kan mengatakan dalam sebuah laporan tanpa sumber bahwa Rusia telah menyampaikan permintaan Israel untuk membantu Suriah.

Kedutaan Rusia di Israel menolak berkomentar.

Bantuan yang akan dikirim Israel terdiri dari selimut, tenda, dan obat-obatan, kata Kan, menambahkan bahwa pemerintah Netanyahu juga telah menunjukkan kesediaan untuk menerima korban jika diminta.

Pejabat Israel tidak segera merinci bantuan tersebut.

Israel dan Suriah telah berada dalam keadaan perang selama beberapa dekade, dengan periode gencatan senjata.

Untuk sementara waktu, Israel membantu pemberontak Suriah di perbatasan Dataran Tinggi Golan, dan pada 2018 Israel bekerja sama dengan Yordania dan Amerika Serikat untuk mengevakuasi pekerja penyelamat Suriah dan keluarga mereka yang melarikan diri dari serbuan pemerintah.

Baca Juga: Gempa Turki, Erdogan: 912 Orang Meninggal dan Lebih 5.000 Terluka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×