kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ITDC: Sirkuit Mandalika Lombok siap gelar World Superbike dan MotoGP


Jumat, 08 Oktober 2021 / 06:40 WIB
ITDC: Sirkuit Mandalika Lombok siap gelar World Superbike dan MotoGP

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah merampungkan pembangunan Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini membuat sirkuit berskala internasional tersebut siap digunakan untuk ajang balap motor global seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer menyatakan, saat ini pihaknya tengah menggenjot pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung dari Sirkuit Mandalika. Sementara untuk main track-nya sendiri telah rampung dan diserahterimakan pada Agustus 2021 lalu. Sehingga kini sirkuit tersebut sudah bisa digunakan sebagai lokasi kompetisi. 

"Yang sekarang kami kejar adalah fasilitas pendukung yang terdiri dari Race Control Building, di mana ada monitoring system, CCTV, dan tracking system, kemudian juga untuk menyimpan motor serta ada juga medical facility," kata Abdulbar dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/10). 

Lebih lanjut dia menambahkan, pembangunan fasilitas pendukung tersebut ditargetkan akan rampung pada akhir Oktober mendatang. Sebab, pada bulan November nanti, Sirkuit Mandalika akan digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan WSBK 2021 pada 19 November - 21 November 2021. 

"Dorna Sports telah menetapkan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi penyelenggaraan WSBK dan saat ini sirkuit sudah siap untuk menjadi host dari seri balap ini. Namun masih ada pekerjaan tambahan yg harus kami selesaikan, yaitu fasilitas pendukung dan seluruh proses sirkuit kami harapkan selesai di akhir tahun 2021," tambahnya. 

Baca Juga: Pemerintah dorong percepatan vaksinasi di lokasi PON dan World Superbike

Dengan rampungnya Sirkuit Mandalika dan digunakannya sirkuit ini untuk ajang balap motor internasional, diharapkan dapat ikut mendorong pariwisata di wilayah tersebut. Terlebih, wilayah Lombok sendiri merupakan sati dari lima destinasi pariwisata super prioritas yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. 

"Tujuan kami tidak hanya membangun sirkuit atau menyelenggarakan ajang balap saja. Tapi lebih untuk mengembangkan potensi pariwisata di Lombok NTB maupun lebih luas di Indonesia. Sehingga tujuan kami adalah menjadikan Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata yang berkonsep sport tourism dan berkelas dunia," jelas dia. 

Hari ini, Kamis 7 Oktober 2021, bertepatan juga dengan dilaksanakannya Penandatanganan PKS Sponsorship Peluncuran Nama Resmi Sirkuit. Bersinergi dengan PT Pertamina, kini Sirkuit Mandalika resmi berganti nama menjadi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina merasa terhormat dapat melakukan sinergi dengan ITDC dalam pengembangan sirkuit berskala internasional ini. Dia juga bilang, sinergi ini juga sekaligus merupakan dukungan BUMN dalam pengembangan lima destinasi pariwisata super prioritas. 

"Dengan diadakannya event internasional di Mandalika, ini juga menjadi image yang sangat baik bagi Indonesia, karena kita bisa memperlihatkan kepada seluruh dunia bahwa kita bisa walaupun kita semua terkena pandemi Covid-19," kata Nicke. 

Selanjutnya: Masih pandemi, begini kesiapan Mandalika jadi tuan rumah Moto GP pada tahun depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×