kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Itama Ranoraya (IRRA) Akuisisi 75% Saham Kencana Pilar Mandiri (KPM)


Kamis, 13 Juli 2023 / 04:30 WIB
Itama Ranoraya (IRRA) Akuisisi 75% Saham Kencana Pilar Mandiri (KPM)

Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) memutuskan melakukan strategi secara anorganik dengan mengakuisisi 75% saham PT Kencana Pilar Mandiri (KPM).

Agenda korporasi ini merupakan upaya IRRA untuk memperkuat visinya menjadi perusahaan penyedia peralatan kesehatan, perangkat medis, serta  produk farmasi yang dinamis, konsisten, dan berkelanjutan. 

Direktur Utama IRRA Heru Firdausi Syarif mengungkapkan bahwa skema akuisisi ini dilakukan dengan cara melakukan pembelian saham dari pemegang saham existing. Adapun, total saham yang diakuisisi adalah 15.000 lembar saham atau setara dengan 75% saham yang dimiliki oleh KPM.  

“Dengan demikian setelah dilakukannya proses akuisisi ini maka komposisi kepemilikan saham saat ini mayoritas dipegang oleh PT Itama Ranoraya Tbk sebesar 75% atau 15.000 lembar saham dan Teguh Purwanto 25% atau 5.000 lembar saham,” papar Heru dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id pada Rabu (12/7).

Baca Juga: Indika Energy (INDY) Bentuk 2 Unit Usaha Penyewaan Kendaraan Listrik

Selain bertujuan untuk memperkuat posisi strategis perusahaan, kata Teguh, akuisisi ini juga diharapkan secara optimal bisa mencapai target perusahaan di tahun 2023.

Selain itu, rekam jejak Direktur Utama KPM, Teguh Purwanto, yang telah berpengalaman selama kurang lebih 30 tahun di berbagai multinational company di bidang kesehatan di Indonesia, juga menjadi salah satu faktor pendukung yang utama dalam dilakukannya proses akuisisi.

Hal ini menjadi salah satu nilai plus karena beliau memiliki pengalaman mengelola perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. 

“Melalui akuisisi ini, kami ingin mendiversifikasi alternatif produk pilihan bagi para pelanggan kami yang hingga kini totalnya sudah mencapai 1.294 pelanggan di seluruh Indonesia. Para pelanggan (customer) yang terdiri atas pemerintah pusat, daerah, serta perusahaan swasta (private sector) ini ke depannya akan dapat dilayani oleh jaringan kami yang kini sudah semakin luas,” papar Heru.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan IRRA Nanan Meinanta Lasahido menambahkan ada sejumlah pertimbangan saat manajemen memutuskan untuk mengakuisisi KPM. Selain adanya persamaan dalam visi dan misi, IRRA juga melihat potensi profitabilitas KPM.

Baca Juga: Kontrak Baru PTPP Per Juni 2023 Capai Rp 11,62 Triliun, Naik 6,31%

“Sehingga manajemen melihat terbukanya peluang kolaborasi antar perusahaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing yang lebih kompetitif,” sebutnya.

Dalam proses akuisisinya, KPM telah melakukan Pengumuman Rencana Akuisisi pada tanggal 5 Mei 2023 dalam Koran International Media halaman 4. Lalu dilakukan jual beli saham yang disahkan dalam Akta Akuisisi, untuk kemudian dilakukan Pengumuman Hasil Akuisisi di Koran International Media tanggal 5 Juli 2023 halaman 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×