Investasi aset digital semakin terdorong pasca ETF Bitcoin berjangka diperdagangkan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:20 WIB   Reporter: Handoyo
Investasi aset digital semakin terdorong pasca ETF Bitcoin berjangka diperdagangkan

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Bitcoin melayang di bawah level rekor pada hari Rabu, sehari setelah dana yang diperdagangkan di bursa berjangka (ETF) berbasis bitcoin AS pertama mulai diperdagangkan, sebuah perkembangan yang menurut pelaku pasar kemungkinan akan mendorong investasi ke aset digital.

Cryptocurrency terkemuka dunia terakhir berada di US$63.998, turun 0,4%, tetapi masih dalam lompatan pendek dari rekornya US$64.895,22 pada 14 April tahun ini. Mencatatkan setinggi US$64.499 pada hari Selasa.

Sebelumnya pada hari Selasa, ProShares Bitcoin Strategy ETF ditutup naik 2,59% pada US$41,94 setelah hari pertama perdagangannya, dengan perdagangan saham senilai sekitar US$1 miliar di pertukaran ICE.N Arca Intercontinental Exchange Inc.

Perdagangan tampaknya didominasi oleh investor yang lebih kecil dan perusahaan perdagangan frekuensi tinggi, kata para analis, mencatat tidak adanya perdagangan blok besar menunjukkan bahwa institusi kemungkinan akan tetap berada di sela-sela.

Baca Juga: Volaris di El Salvador akan jadi maskapai pertama yang menerima pembayaran bitcoin

James Quinn, managing partner di Q9 Capital, seorang manajer kekayaan pribadi cryptocurrency yang berbasis di Hong Kong, mengatakan peluncuran produk baru itu "bermakna" untuk bitcoin.

Secara teoritis, setiap perusahaan pialang berlisensi di AS yang ingin menggunakan ETF ini dapat melakukannya semudah ETF lainnya, yang seharusnya membuatnya tersedia untuk banyak orang," kata Quinn.

Sementara ETF didasarkan pada bitcoin berjangka, Quinn mengatakan perdagangan dan lindung nilai yang menopang ETF berarti aktivitas akan mengalir ke pasar spot dan harga bitcoin.

Crypto ETF telah diluncurkan tahun ini di Kanada dan Eropa di tengah melonjaknya minat terhadap aset digital. VanEck dan Valkyrie adalah di antara manajer dana yang mengejar produk ETF yang terdaftar di AS, meskipun Invesco pada hari Senin membatalkan rencananya untuk ETF berbasis berjangka.

Eter, Cryptocurrency nomor 2 di dunia, turun 0,39% hari ini di US$3.861, terlihat dari level tertinggi enam minggu, tetapi jauh dari level tertinggi sepanjang masa di US$4.380, dicapai pada 12 Mei.

Selanjutnya: Aset kripto tengah booming, sudah tahu dasar hukumnya di Indonesia?

 

Editor: Handoyo .
Terbaru