CLOSE [X]

Inilah Negara dengan Paspor Paling Sakti di Dunia Tahun Ini

Jumat, 14 Januari 2022 | 05:00 WIB Sumber: Yahoo News
Inilah Negara dengan Paspor Paling Sakti di Dunia Tahun Ini


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Siapa negara dengan paspor paling kuat dunia? Menurut Henley Passport Index, Jepang dan Singapura sekali lagi memegang predikat dua paspor paling kuat di dunia untuk tahun 2022.

Melansir Yahoo News, para pemegang paspor dari kedua negara – yang juga menempati posisi pertama tahun lalu – dapat memasuki 192 tujuan berbeda di seluruh dunia tanpa visa, tanpa memperhitungkan efek pembatasan terkait COVID-19. 

Baru kemudian disusul Jerman dan Korea Selatan yang menempati posisi kedua dengan akses ke 190 destinasi bebas visa.

Indeks Paspor Henley menggunakan data dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) untuk menyusun peringkatnya.

"Paspor dan visa adalah salah satu instrumen terpenting yang berdampak pada ketidaksetaraan sosial di seluruh dunia karena mereka menentukan peluang untuk mobilitas global," kata Dr. Christian H. Kaelin, ketua Henley & Partners, dalam sebuah pernyataan. 

Baca Juga: Cara Membuat Paspor Lewat Aplikasi M-Paspor, Lebih Praktis!

Kaelin menambahkan, "Perbatasan di mana kita dilahirkan, dan dokumen yang berhak kita pegang, tidak kalah sewenang-wenangnya dengan warna kulit kita. Negara-negara yang lebih kaya perlu mendorong migrasi ke dalam yang positif dalam upaya membantu mendistribusikan dan menyeimbangkan kembali sumber daya manusia dan material di seluruh dunia, termasuk meningkatkan ukuran dan kualitas tenaga kerja mereka sendiri."

Amerika Serikat dan Inggris berada di posisi keenam dengan bebas visa atau akses visa-on-arrival ke 186 negara tujuan. Pada tahun 2020, AS berada di posisi kedelapan.

Belgia, Selandia Baru, Norwegia, dan Swiss juga berada di posisi keenam tahun ini.

Sementara beberapa negara naik peringkat, perusahaan mengatakan indeks tahun ini juga menunjukkan kesenjangan terluas dalam mobilitas global sejak didirikan 17 tahun lalu. 

Baca Juga: E-KTP Digital Berbeda dengan E-KTP Biasa, Sudah Tahu Perbedaannya?

Di ujung lain spektrum, terdapat negara-negara seperti Afghanistan, di mana pemegang paspor hanya dapat memasuki 26 tujuan tanpa visa, dan Mozambik - salah satu negara yang termasuk dalam larangan perjalanan sementara AS di negara-negara Afrika selatan setelah munculnya varian omicron - dimana pemegang paspor hanya bisa masuk ke 62 destinasi tanpa visa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru