kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari & Bakal Hilang di Masa Depan


Jumat, 05 Mei 2023 / 11:08 WIB
Inilah Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari & Bakal Hilang di Masa Depan
ILUSTRASI. Jutaan lapangan pekerjaan akan hilang pada tahun 2027. REUTERS/Arnd Wiegmann

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Jutaan lapangan pekerjaan akan hilang pada tahun 2027 dan tingkat penciptaan pekerjaan baru akan jauh lebih rendah daripada yang dihilangkan.

Melansir The Straits Times, ini adalah prediksi suram dari World Economic Forum (WEF) The Future of Jobs Report 2023, yang dirilis pada hari Senin (1/5/2023). Prediksi itu dirilis di tengah kekhawatiran resesi ekonomi yang menjulang dan inflasi yang terus-menerus.

Menurut WEF, hampir seperempat pekerjaan akan berubah pada tahun 2027, dengan sekitar 69 juta pekerjaan baru diciptakan dan 83 juta akan dihilangkan. Ini berarti penurunan bersih 14 juta pekerjaan atau 2% dari pekerjaan saat ini.

Adapun perubahan tersebut didorong oleh peningkatan digitalisasi, adopsi teknologi baru, transisi ke ekonomi hijau, lokalisasi rantai pasokan, dan pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat.

Temuan ini didasarkan pada survei terhadap 803 perusahaan yang mempekerjakan 11,3 juta orang di 45 ekonomi di seluruh dunia.

Pekerjaan yang paling banyak diminati saat ini untuk tahun-tahun mendatang adalah spesialis kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin, spesialis keberlanjutan, analis intelijen bisnis, dan spesialis keamanan informasi.

Baca Juga: Mau Jadi Talenta Ekonomi Digital Siap Kerja? Simak Tips dari Lazada Indonesia

Pekerjaan yang akan menurun paling cepat termasuk peran klerikal atau sekretaris, di antaranya teller bank, kasir, dan pegawai entri data.

“Perbatasan manusia-mesin sedang bergeser ke medan baru,” kata Ms Saadia Zahidi, direktur pelaksana di WEF.

Dia mengakui bahwa teknologi menciptakan perubahan struktural.

“Sementara harapan akan perpindahan pekerjaan fisik dan manual oleh mesin telah menurun, tugas-tugas yang membutuhkan penalaran, komunikasi, dan koordinasi – semua sifat dengan keunggulan komparatif bagi manusia – diharapkan akan lebih dapat diotomatisasi di masa mendatang,” catatnya dalam sebuah pernyataan untuk menandai dirilisnya laporan tersebut.

AI generatif diperkirakan akan diadopsi oleh hampir 75% perusahaan yang disurvei, dan akan menjadi yang kedua setelah humanoid dan robot industri dalam hal menyebabkan hilangnya pekerjaan.

Laporan WEF menunjukkan bahwa pekerjaan analis dan ilmuwan data, spesialis data besar, spesialis pembelajaran mesin AI, dan profesional keamanan dunia maya diharapkan tumbuh rata-rata sebesar 30% pada tahun 2027.

Baca Juga: Investasi yang Masuk Banyak di Sektor Padat Modal, Serapan Tenaga Kerja Jadi Rendah

Sejalan dengan temuan laporan tersebut, Suzanne Duke dari LinkedIn, yang mengepalai tim kebijakan publik global dan grafik ekonomi di perusahaan tersebut, mengatakan pekerjaan "digital dan hijau" telah menjadi yang paling diminati dalam beberapa tahun terakhir.

Ada lonjakan 50% dalam pekerjaan yang menyebutkan GPT dalam 12 bulan terakhir, katanya selama sesi pengarahan virtual oleh WEF tentang temuan laporan pada hari Selasa. 

GPT atau Generative Pre-trained Transformer, adalah sistem model bahasa yang menggunakan pembelajaran mendalam untuk menghasilkan teks mirip manusia.

Zahidi dan Duke setuju bahwa penekanan pada green jobs pasti akan tumbuh.

“Peran dari insinyur energi terbarukan, instalasi energi matahari dan insinyur sistem hingga spesialis keberlanjutan dan profesional perlindungan lingkungan akan sangat diminati, yang berarti pertumbuhan sekitar satu juta pekerjaan,” kata Zahidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×