kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah gerbang tol Bandung yang berlaku ganjil genap mulai Jumat (3/9)


Jumat, 03 September 2021 / 17:15 WIB
Inilah gerbang tol Bandung yang berlaku ganjil genap mulai Jumat (3/9)

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Bandung. Pengumuman untuk Anda yang ingin masuk ke Kota Bandung, Jawa Barat pada akhir pekan ini. Akses masuk melalui jalan tol ke Kota Bandung berlaku ganjil genap mulai Jumat, 3 September 2021. 

Ada lima titik pemberlakuan ganjil genap di Bandung. Pemberlakukan ganjil genap di Kota Bandung ini tersebar di gerbang tol, yakni

  • Ganjil genap di gerbang tol Pasteur, Bandung
  • Ganjil genap di gerbang tol Pasirkoja, Bandung,
  • Ganjil genap di gerbang tol Kopo, Bandung
  • Ganjil genap di gerbang tol Buahbatu, Bandung
  • Ganjil genap di gerbang tol GT Moch Toha, Bandung

Ganjil genap di Kota Bandung diberlakukan oleh Polresta Bandung untuk membatasi mobilitas sosial selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Ganjil genap tersebut berlaku di lima gerbang jalan tol area Kota Bandung pada akhir pekan mulai hari ini, Jumat 3 September hingga Minggu 5 September 2021.

Adapun waktu pemberlakuan ganjil genap Bandung yaitu Jumat pukul 16.00 WIB sampai 21.00 WIB. Kemudian ganjil genap Bandung pada Sabtu pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Lalu ganjil genap Bandung pada Minggu pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan, sebanyak 467 petugas gabungan disebar untuk mengatur kebijakan ganjil genap Bandung tersebut. Pengaturan ganjil genap ini melibatkan personel gabungan dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Baca juga: Agar masyarakat disiplin, Wagub DKI dukung tilang ganjil genap diberlakukan

Personel akan ditempatkan di sejumlah titik pemberlakuan ganjil genap di Kota Bandung. “Kita akan melakukan kegiatan di beberapa titik di pintu masuk Kota Bandung. Di beberapa titik akan ditempatkan unsur kami di Polres, Dishub dan TNI,” ucap Aswin.

Menurut Aswin, penerapan ganjil genap di Kota Bandung ini diberlakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 di mana Kota Bandung masih berada pada Level 3. “Untuk mengurangi arus masuk ke Bandung saat weekend dikarenakan masih tinggi yang terkena pandemi. kita batasi kegiatan,” tandas Aswin.

Ganjil genap adalah sistem pengaturan arus lalu lintas kendaraan bermotor berdasarkan plat nomor kendaraan. Kendaraan dengan plat nomor belakang genap hanya boleh melintas pada tanggal genap. Sedangkan kendaraan dengan plat nomor belakang ganjil hanya boleh melintas pada jalan tertentu pada tanggal ganjil.

Selain di Bandung, daerah di Jawa Barat yang juga memberlakukan ganjil genap adalah di Puncak, Bogor. Sama seperti di Bandung, ganjil genap di Puncak juga untuk menekan mobilitas masyarakat. Ganjil genap di Puncak akan berlaku mulai Jumat (3/9) hingga Minggu (5/9). 

Kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan ganjil genap di Bandung dan Puncak akan diputar arah.

Itulah informasi kebijakan ganjil genap Bandung yang berlaku hari ini. Jadi, jangan memaksa bepergian jika tidak mendesak. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganjil Genap di 5 Ruas Tol Bandung Berlaku Hari Ini", 


Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Azwar Ferdian

 

Selanjutnya: Catat, ganjil genap di Kota Bandung mulai berlaku Jumat (3/9) di jalan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×