kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah bocoran skuter listrik Yamaha E01


Sabtu, 08 Mei 2021 / 03:15 WIB
Inilah bocoran skuter listrik Yamaha E01

Sumber: Gaadi Waadi | Editor: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Yamaha diprediksi merilis motor skuter listrik. Hal ini menyusul pengajuan merek dagang untuk nama E01 awal tahun ini. Sejak itu spekulasi yang muncul di internet menunjukkan bahwa itu mungkin merujuk pada skuter motor roda dua yang serba listrik.

Untuk mendukung klaim tersebut, aplikasi paten skuter listrik yang diajukan di Jepang telah bocor. Gambar paten tersebut menampilkan desain dan spesifikasi versi produksi, dikutip dari Gaadiwaadi.

Varian skuter ini sudah dimodifikasi dari versi konseptual yang telah beredar pada penghujung tahun lalu. Skuter listrik Yamaha E01 memiliki tampilan yang lebih kencang dengan gaya yang lebih realistis.

Pada gambar paten, bagian depan skuter listrik ini terdiri dari lampu depan LED kembar yang ditempatkan di bagian bawah apron. Selain itu ada sisi penutup di bawah kaca depan untuk menyembunyikan soket pengisi daya.

Baca Juga: Skuter listrik Yamaha E01 sedang dalam pengajuan paten, simak penjelasannya

Gambar paten dari skuter listrik Yamaha E01

Selain itu, elemen pencahayaan yang mengapit bisa berupa Daytime Running Lights atau sekadar indikator baterai. Skuter listrik Yamaha E01 diprediksi tampil kekar yang memberikan tampilan seperti maxi-scooter.

Dari sisi samping, skuter listrik Yamaha E01 ini mengalir mulus dan bagian belakang yang futuristik. Paket baterai diposisikan di antara area pijakan kaki dan dapat menjadikan pusat gravitasi. Artinya, Yamaha memperhatikan daya kontrol untuk mengumdi skuter listrik ini. 

Baca Juga: Yamaha akan lahirkan skuter listrik terbaru, ini bocorannya

Gambar render dari skuter listrik Yamaha E01

Sayangnya, skuter listrik ini diprediksi tidak memiliki baterai yang dapat ditukar dan penutup yang dapat dilepas. Skuter listrik Yamaha E01 dapat menjadi batu loncatan bagi orang yang ingin melakukan upgrade dari skuter 125 cc.

Skuter listrik ini kemungkinan besar akan memiliki output daya 11 kW. Hal ini didasarkan output yang diizinkan untuk mengaspal di pasar seperti Eropa.

Yamaha E01 diharapkan akan diluncurkan di pasar negara maju seperti Eropa sekitar tahun depan. Dalam hal ini pasar Asia belum mendapatkan kode dari sisi Yamaha.

Transisi dari motor roda dua bermesin IC ke skuter listrik tentu tidak dapat dihindari dan di pasar negara berkembang seperti di Asia. Pabrikan utama diharapkan akan berlomba  soal skuter listrik dengan merek lain seperti, Honda, Hero, Bajaj, TVS dan Suzuki.

Selanjutnya: Teaser terbaru muncul, terkait peluncuran motor Yamaha R7?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×